Pemanfaatan Situs Seputih sebagai Sumber Belajar IPS di MTs Raudlatul Jannah Tegalrejo Mayang Tahun Pelajaran 2021/2022

Sofarina, Alfin Fairuz (2023) Pemanfaatan Situs Seputih sebagai Sumber Belajar IPS di MTs Raudlatul Jannah Tegalrejo Mayang Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ALFIN FAIRUZ SOFARINA_T20189047.pdf

Download (4MB)

Abstract

Situs Seputih adalah salah satu peninggalan Budaya Megalitikum yang ada di Jember. Dilihat dari aspek pendidikan Situs Seputih memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran IPS. Situs Seputih memiliki relevansi dengan kurikulum dan materi pelajaran sejarah pada kelas VII semester gasal tingkat SMP. Peninggalan benda-benda purbakala di situs Seputih terdiri atas 1) Sarkopagus yakni peti mati yang terbuat dari batu utuh yang dibuat menyerupai lesung serta diberi tutup pada bagian atas, 2) Batu lumpang yakni batu yang terbuat dari batu besar dibentuk seperti trapesium terbalik dan memiliki satu lubang di permukaannya, 3) Batu kangkang yakni meja batu yang digunakan sebagai tempat pertemuan manusia atau kelompok manusia pra sejarah, 4) Dolmen yakni bangunan batu besar yang bentuknya seperti meja yaitu batu besar yang disangga oleh empat tiang batu.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kondisi Situs Seputih sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Raudlatul Jannah Tegalrejo Mayang. 2) Untuk mendeskripsikan proses pemanfaatan Situs Seputih sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Raudlatul Jannah Tegalrejo Mayang. 3) Untuk mendeskripsikan kendala pemanfaatan Situs Seputih sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Raudlatul Jannah Tegalrejo Mayang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman bahwa ada empat tahapan yakni: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan atau verifikasi kesimpulan.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Kondisi situs seputih sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Raudlatul Jannah Tegalrejo Mayang masih dalam keadaan utuh hanya ada beberapa benda koleksi yang terkikis karena kondisi alam. Benda purbakala yang terdapat di Situs Seputih yakni Sarkofagus, Batu Lumpang, Batu Kangkang, dan Dolmen. 2) Proses pemanfaatan situs seputih sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Raudlatul Jannah Tegalrejo Mayang sudah dilaksanakan pada awal pembelajaran baru di kelas VII. Bentuk pemanfaatan Situs Seputih tersebut dapat berupa media gambar serta dengan cara pemberian tugas yang berkaitan dengan Situs Seputih dan juga menerapkan model pembelajaran outdoor learning yang mana peserta didik diajak langsung untuk melihat situs sejarah yang ada di sekitar sekolah mereka. 3) Kendala pemanfaatan Situs Seputih sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Raudlatul Jannah Tegalrejo Mayang yaitu regenerasi juru kunci situs, kurang dukungan dari pemerintah, dan pelestarian budaya yang minim.
Kata kunci:Pemanfaatan situs seputih, sumber belajar, pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2101 Archaeology > 210108 Historical Archaeology (incl. Industrial Archaeology)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Alfin Fairuz Sofarina
Date Deposited: 30 Jun 2023 01:19
Last Modified: 30 Jun 2023 01:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24752

Actions (login required)

View Item View Item