Analisis Implementasi Pembiayaan Ijarah Berdasarkan Fatwa DSN MUI NO: 09/DSN-MUI/IV/2000 di BMT MASLAHAH Capem Gending Kabupaten Probolinggo

Yaqin, Ainul (2023) Analisis Implementasi Pembiayaan Ijarah Berdasarkan Fatwa DSN MUI NO: 09/DSN-MUI/IV/2000 di BMT MASLAHAH Capem Gending Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ainul Yaqin S20182055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ainul Yaqin, 2023. Analisis Implementasi Pembiayaan Ijarah Berdasarkan Fatwa DSN MUI NO: 09/DSN-MUI/IV/2000 di BMT MASLAHAH Capem Gending Kabupaten Probolinggo.
Kata Kunci: Analisis, Ijarah, BMT.
Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama islam merupakan lahan tersendiri untuk membangun berkembangnya ekonomi syariah. Semakin tinggi kualitas derajat dan diniyah sesorang maka akan semakin tinggi juga untuk menerapkan ekonomi syariah pada diri seseorang. Terbukti setelah sistem ekonomi syariah tersebut telah diterapkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia bahkan bernilai positif dalam membangun masyarakat Indonesia untuk menunjukkan bahwa ekonomi syariah memiliki nilai yang unggul dibandingkan dengan sistem ekonomi komunis maupun ekonomi kapitalis. Akad ijarah menjadi salah satu produk dari ekonomi syariah tersebut.
Berdasarkan uraian fokus penelitian dari studi ini yakni: 1) Bagaimana Prosedur Implementasi pembiayaan Ijarah Berdasarkan Fatwa DSN MUI No: 09/DSN-MUI/IV/2000 di BMT MASLAHAH Capem Gending Kabupaten Probolinggo?, 2) Apa saja permasalahan dalam implementasi pembiayaan Ijarah Berdasarkan Fatwa DSN MUI No: 09/DSN-MUI/IV/2000 di BMT MASLAHAH Capem Gending Kabupaten Probolinggo?. 3) Bagaimana strategi dalam mengatasi permasalahan implementasi pembiayaan Ijarah Berdasarkan Fatwa DSN MUI No: 09/DSN-MUI/IV/2000 di BMT MASLAHAH Capem Gending Kabupaten Probolinggo.Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui prosedur implementasi pembiayaan Ijarah di BMT MASLAHAH Capem Gending, 2) Untuk mengetahui apa saja permasalahan dalam implementasi pembiayaan Ijarah di BMT MASLAHAH Capem Gending. 3) Untuk mengetahui strategi menyelesaikan permasalahan implementasi pembiayaan Ijarah Berdasarkan Fatwa DSN MUI No: 09/DSN-MUI/IV/2000 di BMT MASLAHAH Capem Gending Kabupaten Probolinggo.
Menggunakan metode penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan lapangan (field research). Jenis penelitiannya yakni analisis deskriptif, berdasarkan pada teks secara lisan ataupun tertulis dan gambar yang didapatkan berdasarkan observasi dan wawancara.
Hasil yang didapatkan dijabarkan berikut: 1) Praktik prosedur pembiayaan ijarah yang terjadi di BMT Maslahah Capem Gending sudah sesuai dengan ketentuan syara’. Anggota melakukan alur pembiayaan ijarah yang dilakukan di BMT Maslahah Capem Gending melalui pembukaan tabungan. Bukan hanya bergerak dalam usaha perihal pembiayaan saja, tapi bergerak dalam bidang pengadaan barang dan jasa, dan hal tersebut proses pembayaran upahnya dilakukan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. 2) Permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan pembiayaan ijarah di BMT Maslahah Capem Gending ada dua yaitu masalah ketidakpahaman nasabah mengenai pembiayaan ijarah dan tunggaan yang dilakukan nasabah. 3) Dengan adanya Monitoring dan Controlling yang dilakukan pihak BMT Maslahah Capem Gending sebulan sekali untuk mengetahui usaha yang dijalankan anggotanya mengalami peningkatan atau penurunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012710 al-Ijarah & al-Ju’alah (Sewa-menyewa & Kontrak Kerja)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr. Ainul Yaqin
Date Deposited: 30 Jun 2023 01:04
Last Modified: 30 Jun 2023 01:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24755

Actions (login required)

View Item View Item