Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa IPS Di SMP Plus Raudlatut Tholabah Tahun Pelajaran 2021/2022.

Hidayah, M Mahrom (2023) Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa IPS Di SMP Plus Raudlatut Tholabah Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UINN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M Mahrom Hidayat.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci :Media Flash Card, Meningkatkan Hasil Belajar.
Untuk meningkatkan keaktifan belajar yang diperoleh dapat menjadi lebih baik, perlu mencoba pembelajaran yang menggunakan media Flash Card dimana merupakan media pengajaran dalam bentuk kartu bergambar disertai penjelasan materi dibawahnya. Dengan media Flash Card ini dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran IPS dengan cara memberikan gambaran tentang pembelajaran dalam bentuk permainan kartu yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan pola pikir siswa secara kognitif dan afektif dan dapat dikatakan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis ingin melakukan penelitian dengan judul Upaya Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII Melalui Penggunaan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Plus Raudlatut Tholabah.
Fokus penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh penggunaan media flash card dalam meningkatkan hasil belajar siswa IPS di SMP Plus Raudlatut Tholabah Tahun Pelajaran 2021/2022.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media flash card dalam meningkatkan hasil belajar siswa IPS di SMP Plus Raudlatut Tholabah tahun pelajaran 2021/2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dalam penelitian ini peneliti mengunakan desain eksperimen kuasi yaitu desain penelitian. Pada desain ini terdapat dua kelompok yang terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, masing masing kelompok diberikan pre tes dan post tes dalam pelaksanaan pembelajaran.
Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode flash card terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A di SMP Plus Raudlatut Tholabah Tahun pelajaran 2021/2022.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan Independent Sample T-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikan atau nilai sig (2-tailed) < 0,05 sehingga diperoleh hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian penggunaan metode flah card dianggap berhasil terhadap hasil belajar siswa karena metode ini mudah diterapkan dan dapat membantu guru untuk mempermudah menyampaikan isi dari materi pembelajaran kepada siswa dan dapat membuat siswa antusias dalam menerima materi pembelajaran. Interaksi antara guru dan siswa juga akan semakin membaik. Dengan, penggunaan metode flash card ini siswa akan semakin mudah menyerapmateri yang disampaikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: M Mahrom Hidayat
Date Deposited: 30 Jun 2023 01:29
Last Modified: 30 Jun 2023 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24762

Actions (login required)

View Item View Item