Peran Marketing Account Officer pada Mekanisme Pembiayaan dan Pengembalian Dana Konsumtif Umkm dengan Akad Murabahah pada BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember

Hidayatulah, Luluk (2020) Peran Marketing Account Officer pada Mekanisme Pembiayaan dan Pengembalian Dana Konsumtif Umkm dengan Akad Murabahah pada BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Luluk Hidayatulah_E20161109.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembiayaan adalah penyediaan dana atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antar bank dan pihak lain. Umkm adalah pembiayaan modal kerja atau investasi sedang kan konsumtif adalah diperuntukan bagi PNS/ karyawan swasta yang berpenghasilan tetap.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Peran Account officer Dalam Pemasaran Pembiayaan Pada Bprs Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember ?. 2) Bagaimana Mekanisme Account Officer Dalam Penyaluran Pembiayaan pada Bprs Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui Peran Account Officer Dalam Pemasaran Pembiayaan Pada Bprs Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember. 2) Untuk mengetahui Mekanisme Account Officer Dalam Penyaluran Pembiayaan Pada Bprs Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif karena peneliti bermaksud untuk membuat deskriptif mengenai kejadian-kejadian yang terdapat selama penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini bahwa: 1) salah satu pemasaran pembiayaan di Bprs Bhakti Sumekar adalah dengan cara menyebar brosur ke berbagai usaha sambil menyebar brosur account officer juga membagikan brosur-brosur kepada masyarakat. 2) Sebelum memberikan pinjaman pembiayaan tugas dari account officer adalah melakukan pendekatan terlebih dahulu kepada nasabah lalu account officer menanyai untuk bertujuan apa dan untuk usaha apa nasabah tersebut meminjam pembiayaan lalu setelah itu accoun officer menyurve tempat tinggal, menganalisa pendapatan seperti jika nasabah mempunyai pendapat tetap minimal nasabah harus menunjukan slip gaji,struk ataupun nota nasabah dan setelah itu account officer mengcek berkas-berkas untuk pengajuan pembiayaan, sesudah itu pihak bank atau account officer mempertimbangkan keinginan dari nasabah tersebut apakah nasabah ini layak untuk diberikan pembiayaan atau tidak
Kata kunci: Peran Marketing Account Officer pada Mekanisme Pembiayaan dan Pengembalian Dana Konsumtif Umkm dengan Akad Murabahah pada BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 06 Aug 2021 07:35
Last Modified: 06 Aug 2021 07:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2477

Actions (login required)

View Item View Item