Pengaruh Religiusitas, Motivasi Rasional, dan Emosional Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa PT. Bank Syariah Indonesia,Tbk KCP Situbondo A.Yani

Andini, Mita Ika (2023) Pengaruh Religiusitas, Motivasi Rasional, dan Emosional Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa PT. Bank Syariah Indonesia,Tbk KCP Situbondo A.Yani. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mita Ika Andini_E20191006.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Mita Ika Andini, 2023: Pengaruh Religiusitas, Motivasi Rasional dan Emosional Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa PT. Bank Syariah Indonesia,Tbk KCP Situbondo A.Yani.

Kata kunci: Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Keputusan Pembelian

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia telah menjadi tolak ukur keberhasilan pertumbuhan dan eksistensi ekonomi syariah, beberapa tahun terakhir perbankan syariah di Indonesia tumbuh dengan pesat. Namun belakangan ini seluruh perbankan mengalami persaingan yang sangat ketat. PT. Bank Syariah Indonesia,Tbk KCP Situbondo A. Yani pun saling bersaing dengan jasa keuanganya lainnya baik bank konvensional maupun sesama bank syariah, dari berbagi jenis jasa keuangan yang ada masih banyak nasabah/konsumen yang tetap menggunakan jasa PT. Bank Syariah Indonesia,Tbk KCP Situbondo A. Yani. Hal ini dapat terajadi karena dari pihak nasabah memiliki motivasi rasional, emosional dan religiusitas yang tinggi sehingga tetap memutuskan untuk menggunakan jasa bank syariah. Fenomena yang terjadi pada PT. Bank Syariah Indonesia,Tbk KCP Situbondo A. Yani, yaitu dimana Bank Syariah Indonesia, terletak di Kabupaten Situbondo dan Kota Situbondo telah memproklamirkan sebagai Kota Santri, sehingga hal ini mengidentifikasikan bahwa masyarakat Kota Situbondo mayoritas beragama Islam dan rata-rata alumni santri, sehingga masyarakat berpegang teguh terhadap ideologis agamanya, secara rasional masyarakat muslim akan memilih bank islamic.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah apakah religiusitas, motivasi rasional dan emosional berpengaruh signifikan terhadap keputusan dalam menggunakan jasa PT. Bank Syariah Indonesia,Tbk KCP Situbondo A.Yani
Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh religiusitas, motivasi rasional dan emosional terhadap keputusan dalam menggunakan jasa PT. Bank Syariah Indonesia,Tbk KCP Situbondo A. Yani.
Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah PT. Bank Syariah Indonesia,Tbk KCP Situbondo A. Yani dengan jumah sampel yang digunakan sebanyak 60 responden dengan menggunakan teknik puposive sampling. Alat analisis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian membuktikan bahwa religiusitas, motivasi rasional dan emosional berpengaruh signifikan terhadap keputusan dalam menggunakan jasa PT. Bank Syariah Indonesia,Tbk KCP Situbondo A. Yani.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Mita Ika Andini
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:38
Last Modified: 03 Jul 2023 04:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24771

Actions (login required)

View Item View Item