Strategi pembiasaan pembacaan doa dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti pada anak tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun Ajaran 2022/2023

Zannah, Faiqotul (2023) Strategi pembiasaan pembacaan doa dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti pada anak tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faiqotul Zannah_T20191143.pdf

Download (50MB)

Abstract

Faiqotul Zannah, 2023: Strategi Pembiasaan Pembacaan Doa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti pada Anak Tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Persatuan Guru Republik Indonesia Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023
Kata Kunci: Strategi Pembiasaan, Doa, Tunagrahita.

Sekolah Menengah Pertama Luar Bisa Persatuan Guru Republik Indonesia (SMPLB PGRI) Banyuwangi merupakan salah satu sekolah luar biasa yang tidak mengesampingkan kegiatan keagamaan karena pendidikan keagamaan merupakan suatu pendidikan yang sangat penting dan berguna bagi kehidupan. Tema pendidikan yang diberikan kepada siswanya yaitu tentang menghafal doa harian, dengan tujuan agar hal tersebut menjadi kebiasaan. Perlu strategi yang tepat dalam menyampaikan doa tersebut, maka dibutuhkan strategi pembiasaan pembacaan doa untuk meningkatkan hafalan siswanya dan membentuk kepribadian siswa.
Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembiasaan pembacaan doa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti pada anak tunagrahita di SMPLB PGRI Banyuwangi?. 2) Bagaimana Pelaksanaan pembiasaan pembacaan doa dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti pada anak tunagrahita di SMPLB PGRI Banyuwangi?. 3) Bagaimana evaluasi pembiasaan pembacaan doa dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti pada anak tunagrahita di SMPLB PGRI Banyuwangi?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembiasaan pembacaan doa dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi pekerti pada anak tunagrahita di SMPLB PGRI Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembiasaan pembacaan doa dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti pada anak tunagrahita di SMPLB PGRI Banyuwangi. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembiasaan pembacaan doa dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti pada anak tunagrahita di SMPLB PGRI Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deksriptif. Teknik penentuan subyek menggunakan Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan meliputi: perancangan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan merumuskan tujuan agar siswa dapat menghafal doa dan membiasakan berdoa dalam kehidupannya. 2) Pelaksanaan melalui penyampaian materi secara singkat dan berorientasi pada pengulangan pembacaan doa. 3) Evaluasi melalui proses tes lisan sederhana dan observasi dari hasil pembiasaan doa yang dilakukan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faiqotul Zannah
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:01
Last Modified: 03 Jul 2023 03:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24779

Actions (login required)

View Item View Item