novasi Produk Bambu Berdaya Saing Ekspor Di Gintangan Banyuwangi.

Solikhah, Mar'atus (2021) novasi Produk Bambu Berdaya Saing Ekspor Di Gintangan Banyuwangi. Undergraduate thesis, institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Mar’atus Solikhah_E20162006.pdf

Download (5MB)

Abstract

Beberapa daerah di Indonesia dewasa ini berlomba-lomba untuk menjadikan karya seni sebagai produk bisnis. Salah satu produk kesenian yang juga berkembang begitu pesat adalah produk kesenian anyaman bambu. Salah satu daerah yang mulai menggencarkan pengembangan produk kerajinan Bambu adalah kota Banyuwangi. Salah satu sanggar kerajinan bambu yang ada di Banyuwangi adalah Widya Handicraft dan juga merupakan salah satu sanggar pengrajin bambu yang pertama kali berdiri. Maka dari itu untuk mengikuti perkembangan pasar Widya Handicraft juga melakukan inovasi serta strategi pengembangan pada produk bambu yang di produksi. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : (1) Bagaimana pengembangan produk bambu berdaya saing ekspor di Gintangan Banyuwangi ? (2) Bagaimana strategi pengembangan produk bambu di Gintangan Banyuwangi ? Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan pengembangan produk bambu berdaya saing ekspor di Gintangan Banyuwangi. (2) Untuk mendeskripsikan strategi pengembangan produk bambu di Gintangan Banyuwangi. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian dekriptif. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) Pengembangan produk bambu berdaya saing ekspor yang dilakukan oleh Sanggar kerajianan bambu Widya Handicraft yaitu pengembangan yang berinovasi pada design produknya. Yang pada awalnya sederhana menjadi beragam. Sehingga produk di sanggar kerajinan bambu Handy Craft dapat bersaing sampai ekpor ke luar negri. (2) Strategi pengembangan bambu yang dilakukan oleh sanggar kerajinan bambu Widya Handicraft yaitu Strategi Memberi Merk,Strategi Pembungkus, Strategi Trading Up Dan Trading Down. Kata Kunci : Inovasi produk, daya saing ekpor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 12 Aug 2021 06:41
Last Modified: 12 Aug 2021 06:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2478

Actions (login required)

View Item View Item