Pengembangan Media Pembelajaran Leaflet Materi Pencemaran Lingkungan Dengan Pendekatan Kontekstual di MTs Al Qodiri 1 Jember

Cholilulloh, Cholilulloh (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Leaflet Materi Pencemaran Lingkungan Dengan Pendekatan Kontekstual di MTs Al Qodiri 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Cholilulloh_T201910084 revisi.pdf

Download (14MB)

Abstract

Cholilulloh, 2023 : Pengembangan Media Pembelajaran Leaflet Materi Pencemaran Lingkungan Dengan Pendekatan Kontekstual di MTs Al Qodiri 1 Jember.
Kata Kunci : Leaflet, Kontekstual, Pencemaran Lingkungan

Pengembangan media pembelajaran leaflet dengan pendekatan kontekstual ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan yang terjadi di MTs Al Qodiri 1 Jember. Selama proses pembelajaran guru lebih banyak menggunakan metode ceramah, memberikan tugas, serta mencatat. Materi pencemaran lingkungan disajikan melalui media pembelajaran cetak berupa leaflet yang menampilkan materi secara ringkas dan disertai foto pencemaran hasil dokumentasi pencemaran lingkungan sekitar sekolah agar pembelajaran semakin praktis dan menarik. Kontekstual merupakan salah satu model dalam proses pembelajaran yang mengajak siswa untuk memahami materi yang diajarkan dan mengkaitkan dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari.
Tujuan penelitian ini yaitu, (1) Mendeskripsikan validitas media pembelajaran leaflet materi Pencemaran Lingkungan dengan pendekatan kontekstual di MTs Al Qodiri 1 Jember; (2) Mendeskripsikan respons terhadap siswa kelas VII mengenai media pembelajaran leaflet materi Pencemaran Lingkungan dengan pendekatan kontekstual di MTs Al Qodiri 1 Jember.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model DDD-E (Decide, Design, Develop, dan Evaluate). Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skoring yang diberikan oleh validator dan siswa, sedangkan analisis kualitatif diperoleh dari komentar yang diberikan validator dan siswa baik secara tertulis maupun tidak tertulis. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 2 dosen UIN KHAS Jember sebagai ahli materi dan ahli media, 1 guru IPA sebagai ahli pengguna serta uji respons dilakukan pada 29 siswa.
Hasil validasi media leaflet dari ahli materi diperoleh sebesar 0,83, nilai ahli media sebesar 0,97, serta validasi pengguna oleh guru IPA menmperoleh nilai sebesar 90,6%. rata-rata dari ketiga validasi tersebut memperoleh niai sebesar 90,2%, hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran leaflet dengan pendekatan kontekstual dinyatakan sangat valid. Hasil uji respons siswa diperoleh nilai sebesar 90,1%. Deskripsi respons siswa terhadap media dijabarkan dalam bentuk wordcloud di mana sebagian besar siswa menilai media pembelajaran leaflet mudah dalam pemahaman materi, tampilan yang bagus dan menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069902 Global Change Biology
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mr Cholilulloh Cholilulloh
Date Deposited: 05 Jul 2023 00:44
Last Modified: 05 Jul 2023 00:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24781

Actions (login required)

View Item View Item