Metode Bisnis Marketing Honda Surya Gemilang Motor Di jember Perspektif Hadis

Faizin, Akhmad (2021) Metode Bisnis Marketing Honda Surya Gemilang Motor Di jember Perspektif Hadis. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Akhmad Faizin_U20162021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Marketing, sudah sangat dikenal di kalangan pebisnis. Marketing memiliki peran penting dalam peta bisnis suatu perusahaan dan berkontribusi terhadap strategi produk. Perusahaan baik berskala nasional ataupun internasional membutuhkan seorang marketer yang handal untuk memasarkan produk atau jasa, sehingga dengan mudah menarik minat masyarakat untuk menggunakan produk atau jasanya. Salah satunya di bidang marketing dealer honda surya gemilang motor menjadi acuan dalam transaksi jual beli sepeda motor yang mayoritas orang sudah memakai alat trasportasi roda dua tersebut. Sebagai fokus masalah yang di analisis dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Metode Marketing Honda Surya Gemilang Motor Di Jember; 2) Bagaimana Metode Bisnis Marketing Honda Surya Gemilang Motor Dalam tinjuan hadis. Dengan demikian maka tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan Metode Bisnis Marketing Honda Surya Gemilang Motor Di Jember; 2) Bagaimana Metode Bisnis Marketing Honda Surya Gemilang Motor Dalam tinjuan hadis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif agar mendapatkan gambaran yang jelas dari objek penelitian yang dituju oleh peneliti. Dengan jenis penelitian deskriptif (Descriptive Research) dengan melukiskan secara sistematis tentang fakta-fakta yang ada dalam suatu daerah tertentu, apa adanya dan benar. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa marketing di delaer Cv. Surya Gemilang Motor merupakan staf di bagian perusahaan yang bertugas melakukan transaksi penjualan unit sepeda motor dengan penawaran transaksi sistem cash/kontan, cash tempo dan kredit. Berdasarkan tinjauan hadis sesuai penelitian diantaranya sistem cash yang menuqil dari kitab shahih muslim tentang yadan biyadin (tunai) dan cash tempo menuqil hadis dari riwayat imam bukhari tentang hadis tempo dan kredit menuqil hadis dari riwayat imam at-tirmidzi tentang baiatain. Sejauh analisis peneliti dari sekian hadis tentang sistem penjualan unit sepeda motor honda dari pandanhan ulama muhaddtisin dan tokoh ikhtilaf didaalam hukumnya sebagain memperbolehkan dan sebagian tidak. Namun pendapat yang lebih kuat diperbolehkan berdasarkan akad yaitu akad salam dan murabahah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 16 Aug 2021 13:39
Last Modified: 16 Aug 2021 13:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2479

Actions (login required)

View Item View Item