Eksplorasi Industri Kreatif pada Kegiatan JFC Virtual di Kabupaten Jember

Baitullah, Rijal Khabib (2023) Eksplorasi Industri Kreatif pada Kegiatan JFC Virtual di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Corona virus disease 19 (covid-19) terjadi sekitar tahun 2019 yang mana mampu memberikan dampak pada semua aspek dimulai dari ekonomi sampai sosial. Begitupun di kabupaten Jember yang mana memiliki ikon karnafal tahunan yakni Jember Fashion Carnival (JFC). JFC sendiri yang awal mulanya dilakukan dengan turun dijalanan kota jember, kali ini berbeda pelaksanaannya karena terhalang Covid-19. Namun hal ini tidak menjadi halangan karena hampir semua pelaku industri kreatif menerapkan penggunaan sosial media (teknologi).sehingga pelaksanaannya dilakukan secara hybrid. Hal ini mampu memberikan ruang baru bagi pelaku industri kreatif di jember apalagi bagi pelaku industri yang bergabung pada pelaksanaan JFC Virtual.
Maka dari itu fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh pelaksanaan JFC virtual pada pendapatan perekonomian industri kreatif? 2) Bagaimana dampak pelaksanaan JFC Virtual pada Pelaku usaha Industri kreatif? Sedangkan tujuan penelitian adalah: 1) Untuk menganalisa dampak ekonomi terhadap pelaksanaan JFC virtual di Kabupaten Jember terhadap pelaku industri kreatif selama pandemi. 2) Untuk menganalisa pengaruh pelaksanaan JFC virtual pelaku usaha industri kreatif.
Untuk mengidentifikasikan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan metode kualitatif deskrisptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data yang di ambil dari informan didapatkan dengan menggunakan sampel terpilih atau porposive sampling dengan pertimbangan orang tersebut yang paling mengetahui permasalahan yang sedang diteliti dan orang tersebut bersifat netral atau tidak memiliki kepentingam untuk menjelekkan lembaga atau organisasi tersebut. Pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan JFC virtual berpengaruh pada pendapatan masing-masing industri kreatif yang terlibat. Walau tak begitu besar, perbedaan nya cukup dirasakan oleh pelaku. Pendapatan sendiri menurut kamus besar bahasa Indonesia merupakan hasil dari kerja (usaha dan sebagainya). Ada yang menganggap revenue dan income. JFC sendiri mampu memberikan dampak pasif income yang berkelanjutan walau selepas pelaksanaan JFC. 2) Dampak yang didapat pada saat
JFC virtual adalah menemukan pasar yang jauh lebih luas dan dipertemukan dengan mitra yang baru. akhirnya para pelaku usaha industri kreatif terinspirasi melakukan sebuah pemanfaatan teknologi dan sosmed agar marketing mudah dijangkau dan terkesan menarik. Benefit mitra yang didapat sangart penting karena untuk jangka Panjang. Mitra adalah persekutuan antara dua belah pihak atau lebih yang membentuk sebuah ikatan kerjasama atas dasar kesepakatan dan rasa saling membutuhkan.

Kata kunci: Eksplorasi Industri Kreatif, JFC

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100502 Broadband and Modem Technology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Skripsi Perpustakaan Rijal Khabib Baitullah
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:28
Last Modified: 03 Jul 2023 03:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24791

Actions (login required)

View Item View Item