PENINGKATAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN IBADAH AMALIYAH DAN IBADAH QAULIYAH DI LEMBAGA BIMBINGAN MASUK GONTOR IKPM MAGETAN

Octaviana, Dila Rukmi (2023) PENINGKATAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN IBADAH AMALIYAH DAN IBADAH QAULIYAH DI LEMBAGA BIMBINGAN MASUK GONTOR IKPM MAGETAN. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
dilla.pdf

Download (4MB)

Abstract

Octaviana, Dila Rukmi, 2023. Peningkatan Religiusitas Peserta Didik Melalui
Pembelajaran Ibadah Amaliyah dan Ibadah Qauliyah di Lembaga
Bimbingan Masuk Gontor IKPM Cabang Magetan. Tesis. Program Studi
Pendidikan Agama Islam. UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Pembimbing I: Dr Win Usuluddin, M. Hum. Pembimbing II: Dr. Matkur,
S.Pd.I., M. SI.
Kata Kunci: Religiusitas, Ibadah Amaliyah, Ibadah Qauliyah
Religiusitas dalam perpektif Islam merupakan seluruh aspek kehidupan
umat Islam. Dalam mencapai tingkat religiusitas banyak hal yang dapat dilakukan
salah satunya melalui pembelajaran, pembelajaran yang dapat meningkatkan
religiusitas peserta didik antaranya adalah pembelajaran ibadah amaliyah dan
ibadah qauliyah di lembaga bimbingan masuk Gontor IKPM Magetan
Fokus penelitian: 1)Bagaimana upaya pembelajaran ibadah amaliyah dan
ibadah qauliyah dalam meningkatkan pemahaman keagaman peserta didik?.
2)Bagaimana upaya pembelajaran ibadah amaliyah dan ibadah qauliyah dalam
meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik?. 3)Bagaimana upaya
pembelajaran ibadah amaliyah dan ibadah qauliyah dalam meningkatkan
ketrampilan praktik beribadah peserta didik?. Tujuan penelitian: 1)Menganalisis
upaya pembelajaran ibadah amaliyah dan ibadah qauliyah dalam meningkatkan
pemahaman keagaman peserta didik. 2) Menganalisis upaya pembelajaran ibadah
amaliyah dan ibadah qauliyah dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta
didik. 3)Menganalisis upaya pembelajaran ibadah amaliyah dan ibadah qauliyah
dalam meningkatkan ketrampilan praktik beribadah peserta didik.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif dan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi
data, displai data dan interpretasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan
trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil penelitian: 1) Upaya dalam meningkatkan pemahaman agama
peserta didik diantaranya program Al-Qur’an terbimbing dan program khusus
Iqra’, pengaturan strategi pembelajaran ibadah yang tidak hanya menjelaskan
teori melainkan juga terdapat praktik serta adanya penjelasan makna dari doa
dalam pembelajaran ibadah qauliyah serta pembawaan suasana belajar yang
santai dan menyenangkan serta adanya pembagian kelompok untuk
mamaksimalkan pembelajaran sehingga memberikan dampak positif dalam diri
peserta didik 2) Upaya dalam meningkatkan kesadaran beribadah diantaranya
pembiasaan shalat berjamaah dan shalat sunnah, qira’atul qur’an sore,
pembiasaan adzan, pembiasaan doa bersama, qudwah hasanah serta kerjasama
dengan orangtua murid. 3) Dalam meningkatkan ketrampilan beribadah peserta
didik upaya yang dilakukan, yaitu: teknik demonstrasi dalam pembelajaran
ibadah amaliyah, murajaah pagi dan adanya kartu hafalan santri dan setoran
hafalan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Depositing User: Dila Dila Rukmi Octaviana Octaviana
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:39
Last Modified: 03 Jul 2023 03:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24795

Actions (login required)

View Item View Item