PERAN BUMDES TRI BUANA DALAM PENGELOLAAN UNIT AIR BERSIH BERBASIS SUMBER DAYA ALAM LOKAL DI DESA PULUKAN KECAMATAN PEKUTATAN KABUPATEN JEMBRANA

Ilmi, Waliyul (2023) PERAN BUMDES TRI BUANA DALAM PENGELOLAAN UNIT AIR BERSIH BERBASIS SUMBER DAYA ALAM LOKAL DI DESA PULUKAN KECAMATAN PEKUTATAN KABUPATEN JEMBRANA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Waliy Washout.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada tahun 2035 Indonesia menurut Badan Pusat Statistik, akan memiliki persediaan air sebesar 181.498 meter kubik per kapita per tahun. Jumlah tersebut menurun jauh dari tahun 2010 yaitu sebesar 265.420 meter kubik per kapita per tahun. permasalahan tentang air ini sangat penting untuk dilakukan sebuah riset dikarenakan banyak jumlah air yang tidak terkelola dibandingkan dengan yang sudah dikelola, dan dapat menimbulkan permasalahan tersendiri jika hal ini tidak ditanggulagi dengan baik, terlebih lagi di Desa Pulukan masih banyak terdapat permasalahan tentang air, seperti air sumur yang memiliki beragam permasalahan, mulai dari air sumur yang berbau, kotor karena lumut, dan air sumur yang terasa payau pada daerah pesisir,.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana sejarah terbentuknya Unit Air Bersih Berbasis Sumber Daya Alam Lokal di BUMDes Tri Buana Desa Pulukan Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana? 2) Apa peran BUMDes Tri Buana dalam mengelola air bersih berbasis sumber daya alam lokal di Desa Pulukan Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana? 3)Bagaimana peran dan manfaat yang di rasakan oleh Masyarakat Desa Pulukan dari adanya Unit Air Bersih BUMDes Tri Buana?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil data dianalisis menggunakan analisis data induktif. Adapun keabsahan diperoleh melalui dua teknik trianggulasi yaitu trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Unit Air Bersih BUMDes Tri Buana Pulukan berdiri pada tahun 2020, unit air bersih BUMDes menyalurkan air bersih yang merupakan sumber daya alam lokal Desa Pulukan kepada masyarakat Desa Pulukan 2) peran yang dilakukan oleh BUMDes tri buana Desa Pulukan dalam unit air bersih adalah, pengelolaan yang dilakukan dengan berbagai cara, seperti perawatan sampai penegakan nilai Tri Hita Karana 3) peran masyarakat dalam BUMDes yaitu ikut serta dalam masa pembagunan saluran hingga melakukan perawatan akan saluran unit air bersih. Sebelum adanya unit air bersih BUMDes sebagian masyarakat Desa Pulukan kesulitan untuk mendapatkan akses air bersih karena berbagai masalah, setelah adanya unit air bersih BUMDes masyarakat sangat merasakan manfaat dari unit tersebut karena mempermudah akses bagi masayarakat untuk mendapatkan air bersih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 04 EARTH SCIENCES > 0403 Geology > 040304 Igneous and Metamorphic Petrology
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050205 Environmental Management
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210201 Archival, Repository and Related Studies
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210202 Heritage and Cultural Conservation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Waliyul Ilmi Waliyul
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:27
Last Modified: 03 Jul 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24796

Actions (login required)

View Item View Item