Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik Di Sekolah Menegah Atas Darussalam Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi

Azkiya', Ahmad Azkal (2023) Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik Di Sekolah Menegah Atas Darussalam Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
oke viks.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Ahmad Azkal Azkiya.pdf

Download (6MB)

Abstract

Azkiya‟, Ahmad, 2023. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik Di Sekolah Menegah Atas Darussalam Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi”. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negri Kiai Haji Achmad Siddiq jember. Pembimbing I: Dr. H. Abd. Muhith, S.Ag, M.Pd.I. Pembimbing II: Dr. Lailatul Usriyah, M.Pd.I.
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer, Kinerja Tenaga Pendidik
Kepala sekolah memiliki tanggung jawab yang besar di dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kinerja tenaga pendidik. Oleh karenanya, kepala sekolah pun dituntut profesional dalam mengemban tugasnya.
Adapun fokus dalam penelitian ini: (1). Bagaimana peran kepala sekolah dalam merencanakan Peningkatan Kinerja tenaga Pendidik? (2) Bagaimana peran kepala sekolah dalam melaksanakan Peningkatan Kinerja tenaga Pendidik? (3) Bagaimana peran kepala sekolah dalam mengevaluasi Peningkatan Kinerja tenaga Pendidik.
Tujuan penelitian ini (1) Mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam merencanakan Peningkatan Kinerja tenaga Pendidik. (2) Mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam melaksanakan Peningkatan Kinerja tenaga Pendidik. (3) mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam mengevaluasi Peningkatan Kinerja tenaga Pendidik.
Penelitian kualitatif jenis studi kasus. teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif miles, Huberman, dan Salsdana. Langkah-langkahnya (1). pengumpulan data, (2). kondensasi data, (3). penyajian data, (4). penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data mengunakan metode trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan member check.
Hasil penelitian ini ialah (1). Peran kepala sekolah dalam merencanakan peningkatan kinerja tenaga pendidik di SMA Darussalam Blokagung Karangdoro Tegalsari banyuwangi (a). Kepala sekolah menyusun program tahunan dengan lebih mendisiplinkan tenaga pendidik (b). Kepala sekolah mengembangkan kompetensi tenaga pendidik melalui perencanaan pertama mengadakan workshop, kedua pelatiha dan yang ketiga mengaktifkan forum MGMP.(2). Peran Kepala sekolah dalam melaksanakan peningkatan kinerja tenaga pendidik di SMA Darussalam Blokagung Karangdoro Tegalsari banyuwangi Kepala sekolah memberika arahan kepada tenaga pendidik berkenaan dengan tugas dan tanggung jawabnya, (a). Kepala sekolah memberika arahan kepada tenaga pendidik berkenaan dengan tugas dan tanggung jawabnya, (b). Kepala sekolah mengadakan Wokhsop lingkungan ramah anak, workhsop implementasi kurikulum merdeka, IHT dengan mendatangkan pemateri dari luar, (c). Kepala sekolah mendorong tenaga pendidik mengikuti forum MGMP. (3). Kepala sekolah dalam mengevaluasi peningkatan kinerja tenaga pendidik di SMA Darussalam Blokagung Karangdoro tegalsari Banyuwangi (a).Kepala sekolah dalam mengevaluasi kinerja tenaga pendidik dilaksanakan setiap akhir semester. (b). Dalam melaksanakan evaluasi kepala sekolah menggunakan dua metode yaitu metode observasi dan penilaian kinerja, dalam penilaian kinerja kepala sekolah menggunakan standart penilain kinerja guru yang sudah berstandart nasional mulai dari penilain teman sejawat, penilain peserta didik, dan penilain wali siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Ahmad Azkal Azkiya'
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:26
Last Modified: 03 Jul 2023 06:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24807

Actions (login required)

View Item View Item