Implementasi Pembelajaran Makhorijul Huruf Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an Siswa Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) di Sekolah Menengah Pertama Islam Kasiyan Tahun Pelajaran 2022/2023

Ulfi, Zakiya (0022) Implementasi Pembelajaran Makhorijul Huruf Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an Siswa Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) di Sekolah Menengah Pertama Islam Kasiyan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ULFI ZAKIYA ( T20191372) (1).pdf

Download (22MB)

Abstract

Membaca al-qur'an merupakan salah satu ibadah kepada Allah Swt. Oleh karena itu, membaca al-qur'an tidak bisa dengan seenaknya, tetapi harus mengikuti aturan-aturan yang berlaku yang disesuaikan dengan pembacaan al-qur'an Ketika nabi Muhammad Saw. Pembelajaran makohorijul huruf di Sekolah Menengah Pertama islam kasiyan diterapakan dalam mata pelajaran baca tulis al-qur’an (BTA). Mata pelajaran baca tulis al-qur’an (BTA) merupakan mata pelajaran muatan local (mulok). Adanya pembelajaran baca tulis al-qur’an (BTA) diharapkan peserta didik dapat membaca dan menulis al-qur’an dengan benar sesuai kaidah-kaidah tajwid. Penelitian ini dikakukan dikelas VII A pada mata pelajaran baca tulis al-qur’an (BTA) dan peneliti menemukan masih banyaknya siswa di Sekolah Menengah Pertama islam kasiyan yang masih belum benar dalam pelafalan makhorijil huruf.
Penelitian ini memiliki dua focus penelitian yaitu: 1. Bagaimana implementasi pembelajaran makhorijul huruf pada mata pelajaran baca tulis al-qur’an (BTA) kelas VIIA di Sekolah Menengah Pertama Islam Kasiyan Tahun Pelajaran 2022/2023? dan yang ke 2. Apa saja factor penyebab dari kesulitan membaca al-qur’an siswa pada mata pelajaran baca tulis al-qur’an (BTA) kelas VIIA di Sekolah Menengah Pertama Islam Kasiyan Tahun Pelajaran 2022/2023?
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Sekolah Menengah Pertama Islam Kasiyan Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Jika dilihat dari dari objek dan hasil yang telah diteliti maka penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian case study atau penelitian lapangan (field study), Menjelaskan jenis penelitian case study atau penelitian lapangan (field study)
Karena membaca Al-Qur''an harus dilakukan sesuai kaidah tajwid, dan pembelajaran tajwid harus dimulai dari awal yaitu mempelajari makhorijul huruf, dan pengenalan makhorijul huruf memudahkan siswa dalam mempelajari al-qur’an. Saat mata pelajaran baca tulis al-qur’an dimulai ada tiga Langkah yang dilakukan oleh pendidik atau guru yaitu: yang pertama persiapan pembelajaran, kemudian yang kedua proses pembelajaran dan yang terakhir evaluasi. Setelah pembelajaran atau subdiskusi selesai, pendidik akan memberikan evaluasi kepada siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Ulfi Zakiya
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:18
Last Modified: 03 Jul 2023 06:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24812

Actions (login required)

View Item View Item