Implementasi Pengajian Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim dalam Mengembangkan Akhlak Santri di Madrasah Diniyah Annur Haji Alwi Jember

Herman, Anas (2023) Implementasi Pengajian Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim dalam Mengembangkan Akhlak Santri di Madrasah Diniyah Annur Haji Alwi Jember. Masters thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HERMAN ANAS_213206030053.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Adabul Alim Wal Muta’allim, Pengembangan Akhlak

Sikap Guru dan murid zaman sekarang mengalami penurunan. Guru tidak siap dan motivasi kurang. Murid sering melanggar aturan dan norma, tidak menghormati guru, dan kehilangan sopan santun. Mereka memperlakukan guru sebagai teman dan bahkan memanggil mereka dengan panggilan nama. Perilaku buruk seperti itu merusak pendidikan dan dapat menghambat proses belajar mengajar terutama keberkahan. Sehingga, pelajaran dari referensi sebelumnya perlu diulas kembali untuk memastikan etika dan tata cara menuntut ilmu diikuti agar tidak merusak dunia pendidikan. Kitab Kiai Hasyim Asy`ari dalam Adabul Alim Wal Muta`allim dapat jadi acuan untuk menyelesaikan masalah ini.
Fokus penelitian ini adalah : 1) bagaimana pelaksanaan pengajian kitab adabul alim dalam pembentukan akhlak santri di Madrasah Diniyah Annur Haji Alwi. 2) Apakah faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlak santri melalui implementasi kitab Adabul Alim Wal Muta’allim 3) apakah kontribusi pengajian kitab Adabul Alim Wal Muta’allim dalam mengembangkan akhlak santri di Madrasah Diniyah Annur Haji Alwi.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian field research yakni penelitian lapangan yang di lakukan di Pondok Pesantren Haji Alwi. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dapat dilakukan secara trianggulasi ( gabungan observasi, wawancara, dokumentasi ), data yang di analisis dengan cara mereduksi yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Dalam Pelaksanaan pengajian kitab Adabul Alim Wal Muta’allim yang diterapkan di Madrasah Diniyah Annur terdapat dua model pembelajaran yaitu di dalam kelas dan di luar kelas. 2) Adapun beberapa faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan kitab Adabul Alim ini ialah a) Faktor Penghambat : Metode mengajar ustadz yang monoton atau santri yang tidak aktif dan metode pembelajaran b) Faktor Pendukung : Sarana dan Prasarana Pembelajaran, materi pembelajaran, ustadz atau Santri. Kontribusi yang dirasakan santri-santri setelah mempelajari kitab Adabul Alim Wal Muta’allim mereka tambah mengerti dan dapat dilihat saat ketika mereka akan melakukan kegiatan belajar yang tadinya tidak pernah baca do’a ataupun niat sekaligus sekarang mereka membiasakannya dengan niat. Yang tadinya menyepelekan ilmu akhirnya mereka bisa mengagungkan atau menghormati ilmu tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Herman Anas Herman
Date Deposited: 04 Jul 2023 01:54
Last Modified: 04 Jul 2023 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24813

Actions (login required)

View Item View Item