PEMANFAATAN MEDIA E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH ALIYAH AL-FIRDAUS DESA SUCI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Hanipa, Hanipa PEMANFAATAN MEDIA E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH ALIYAH AL-FIRDAUS DESA SUCI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. PEMANFAATAN MEDIA E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH ALIYAH AL-FIRDAUS DESA SUCI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022.

[img] Text
Hanipa_0849319021.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Hanipa, 2021, “Pemanfaatan Media E-Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Di Madrasah Aliyah Al-Firdaus Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022”.

Kata Kunci Media E-learning, Motivasi Belajar, Pembelajaran Al-Qu’ran Hadist, Madrasah Aliyah Al-Firdaus

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah membuka kemungkinan yang luas untuk dapat dimanfaatkan dalam bidang pendidikan. Seorang pendidik dan peserta didik harus berhubungan dengan tekhnologi khususnya tekhnologi informasi dan komunikasi (TIK). Hal ini disebabkan karena TIK sudah mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Aplikasi E-Learning yang dibuat oleh Kementrian Agama ini ditujukan untuk menunjang proses pembelajaran dimadrasah dari mulai Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA)
Fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana sistem pembelajaran dengan pemanfaatan media E-learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Aliyah Al-Firdaus Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022? 2). Bagaimana penggunaan media E-learning dalam memotivasi belajar siswa untuk memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadist dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas X Madrasah AliyahAl-Firdaus Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021?
Tujuan penilitian ini yaitu:1) Menganalisa proses pembelajaran dengan pemanfaatan media E-learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Aliyah Al-Firdaus Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Menganalisa penggunaan media E-learning dalam memotivasi belajar siswa untuk memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadist dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas X Madrasah AliyahAl-Firdaus Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022,.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: pengamatan/observasi, wawancara dan dokumen review. Tehnik analisa yang digunakan adalah : Model Miles dan Huberman. Adapun uji keabsahan data yang digunakan yaitu : triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan media E-Leraning di MA Al-Firdaus Panti Jember dilakukan melalui perpaduan antara pembelajaran konvensional dan modern. Penggunaan media e-learning di MA Al-Firdaus diantaranya sebagai meteri tambahan, sebagai pelengkap pembelajaran tatap muka, dan yang terakhir sebagai pengganti pembelajaran tatap muka menyesuaikan kondisi dan disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Melalui penggunaan media e-learning motivasi siswa menjadi maksimal dikarena pemanfaatan media E-learning memiliki sifat fleksibel dan penggunaannya dapat dilakukan melalui metode pembelajaran yang variatif. Hal ini dapat dilihat melalui kegiatan aksi nyata pembacaan surat yasin sebelum memulai pembelajaran, jama’ah sholat dzuhur dan peringatan hari besar islam serta sikap siswa sehari-hari yang mencerminkan akhlak yang baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media E-learning, Motivasi Belajar, Pembelajaran Al-Qu’ran Hadist, Madrasah Aliyah Al-Firdaus
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Hanipa Devara
Date Deposited: 06 Jul 2023 01:46
Last Modified: 06 Jul 2023 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24814

Actions (login required)

View Item View Item