Asroriyah, Ella Islahiyatil (2023) Pengaruh reaksi pasar dan timeliness reporting terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2021. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.
Text
Ella Islahiyatil Asroriyah_E20183070.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ella Islahiyatil Asroriyah, 2023: “Pengaruh Reaksi Pasar Dan Timeliness Reporting Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2017-2021”.
Kata Kunci: Reaksi Pasar, Timeless Reporting, Nilai Perusahaan.
Nilai perusahaan merupakan suatu informasi atau tolak ukur prusahaan mengenai tingkat harga saham, secara normatif tujuan perusahaan dalam mengambil keputusan keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Karna semakin tinggi nilai perusahaan semakin tinggi juga keuntungan yang akan diperoleh perusahaan. Nilai perusahaan dapat dikur dengan PBV (price to book value). Salah satu nilai relevansi yang mempengaruhi nilai perusahaan adalah timeliness reporting dan reaksi pasar. Reaksi pasar atau pasar modal adalah tempat terjadinya transaksi asset jangka Panjang.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Pengaruh TimeLiness Reporting terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 2)Pengaruh reaksi pasar terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). 3) Apakah Timeliness Reporting dan Reaksi Pasar secara bersamaan berpengaruh terhadap
nilai perusahaan atau tidak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2021. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposif sampling dan diperoleh 18 perusahaan dalam kurun waktu 5 tahun, sehingga terdapat 90 sampel perusahaan pada periode 2017-2021. Adapun teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif,
model regresi data panel, pemilihan model regresi data panel, penentuan model estimasi, serta pengujian hipotesis menggunakan t-statistik, koefisien determinasi (R2) dan uji simultan.
Hasil penelitian menggunakan uji regresi data panel pada perusahaan manufaktur sub sektor makanana dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2021 menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan reaksi pasar dan timeliness reporting berpengaruh negatif terhadap nilai
perusahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with email ellaasroriyah@gmail.com |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 00:48 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 00:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24821 |
Actions (login required)
View Item |