Pandangan Tokoh Masyarakat Muslim Terhadap Pendidikan Istri Lebih Tinggi Dari Suami (Studi Kasus di Desa Curahtakir Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember)

Nurul, Hasanah (2023) Pandangan Tokoh Masyarakat Muslim Terhadap Pendidikan Istri Lebih Tinggi Dari Suami (Studi Kasus di Desa Curahtakir Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NURUL HASANAH S20191060(1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Pandangan Masyarakat, Muslim, Istri, Pendidikan Tinggi
Budaya patriarki memang masih sangat kental terutama di pedesaan. Pemikiran patriarki masyarakat desa Curahtakir khususnya dapat dilihat dari tingkat rendahnya remaja yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini juga berdampak pada pandangan masyarakat yang sedikit miring terhadap pendidikan istri yang lebih tinggi dari suami.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Kondisi pasangan yang istrinya berpendidikan lebih tinggi dari suami di Desa Curahtakir Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember 2). Tinjauan hukum Islam bagi pasangan yang pendidikan istrinya lebih tinggi dari suami di Desa Curahtakir Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. 3). Pandangan tokoh masyarakat muslim terhadap pendidikan istri lebih tinggi dari suami di Desa Curahtakir Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember.
Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui kondisi pasangan yang istrinya berpendidikan lebih tinggi dari suami di Desa Curahtakir Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember 2). Untuk mengetahui tinjauan hukum Islam bagi pasangan yang pendidikan istrinya lebih tinggi dari suami di Desa Curahtakir Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. 3). Untuk mengetahui pandangan tokoh masyarakat muslim terhadap pendidikan istri lebih tinggi dari suami di Desa Curahtakir Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, dokumentasi serta wawancara terhadap masyarakat yang pendidikan istrinya lebih tinggi dari suami di Desa Curahtakir Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember.
Hasil penelitian: 1). Kondisi pasangan yang pendidikan istrinya lebih tinggi dari suami di desa Curahtakir belum sepenuhnya menerapkan kesetaraan dalam rumah tangga mulai dari pembagian tugas rumah tangga, pengambilan keputusan, hingga pengaturan keuangan. 2). Tinjauan hukum Islam terhadap pendidikan istri lebih tinggi dari suami sejauh ini belum ada dalil yang secara gamblang melarang pendidikan istri lebih tinggi dari suami. 3). Pandangan tokoh masyarakat muslim terhadap pendidikan istri lebih tinggi dari suami terbagi menjadi 3 yakni; setuju, setuju bersyarat, dan tidak setuju.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Unnamed user with email nurulhasanah11321@gmail.com
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:32
Last Modified: 03 Jul 2023 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24822

Actions (login required)

View Item View Item