Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Biologi pada Kurikulum Merdeka Untuk Siswa Kelas X di SMA Argopuro Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Vica, Agustin (2023) Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Biologi pada Kurikulum Merdeka Untuk Siswa Kelas X di SMA Argopuro Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI VICHA WATERMARK.pdf

Download (26MB)

Abstract

Vica Agustin, 2023: “Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Biologi pada Kurikulum Merdeka untuk Siswa Kelas X di SMA Argopuro Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023”.

Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Biologi, Kurikulum Merdeka

Kurikulum merupakan sebuah wadah yang akan menentukan arah pendidikan. Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran yang mengacu pada pendekatan minat dan bakat siswa serta terintegrasi dengan profil pelajar pancasila. Untuk pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka menekankan tercapainya kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terintegrasi dengan profil pelajar pancasila. SMA Argopuro Panti Jember merupakan salah satu sekolah yang telah mengimplementasikan pelaksanaan pembelajaran biologi pada kurikulum merdeka. Implementasi pelaksanaan pembelajaran biologi pada kurikulum merdeka diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena kurikulum ini pada dasarnya berpusat pada siswa. Guru hanya sebagai fasilitator serta motivator bagi siswa, agar siswa lebih semangat dalam belajar dan mendapatkan hasil baik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran biologi di kurikulum merdeka pada siswa kelas X SMA Argopuro Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Kendala apa sajakah yang dialami pada saat pelaksanaan pembelajaran biologi pada kurikulum merdeka pada siswa kelas X SMA Argopuro Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran biologi pada kurikulum merdeka untuk siswa kelas X di SMA Argopuro Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran biologi pada kurikulum merdeka untuk siswa kelas X di SMA Argopuro Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini: 1) Pelaksanaan pembelajaran biologi pada kurikulum merdeka untuk siswa kelas X di SMA Argopuro Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 berjalan secara efektif dan sistematis yakni adanya dokumen kurikulum, metode ajar yang berbasis pendekatan sains, bahan ajar, media ajar, serta sumber pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan karakteristik siswa. 2) Kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran biologi pada kurikulum merdeka untuk siswa kelas X di SMA Argopuro Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 yakni kondisi sumber belajar dan fasilitas yang terdapat di sekolah masih sangat minim sehingga kurang dapat menunjang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060807 Animal Structure and Function
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Vica Agustin
Date Deposited: 04 Jul 2023 03:58
Last Modified: 04 Jul 2023 03:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24838

Actions (login required)

View Item View Item