Model Pendidikan Perspektif Fazlur Rahman dan Relevansinya dengan Merdeka Belajar

Hisabillah, Robit (2023) Model Pendidikan Perspektif Fazlur Rahman dan Relevansinya dengan Merdeka Belajar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Robit Hisabillah_T20161149.pdf

Download (22MB)

Abstract

Robit Hisabillah, 2023: Model Pendidikan Perspektif Fazlur Rahman dan Relevansinya dengan Merdeka Belajar. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Universitas Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember. Dosen Pembimbing: Khairul Umam M.Pd
Kata kunci: Model pendidikan Islam, Neo-Modernisme, Intelektualisme Islam, merdeka belajar.
Pendidikan yang berkiblat pada Barat terutama di negara-negara berkembang seperti di Indonesia juga terjadi pada pendidikan Islam . Nampak terasa banyak dari kalangan terdidik muslim menjadikan tokoh-tokoh pemikir Barat sebagai dasar dalam membangun pengetahuannya tentang rancangan pendidikan yang ideal. Padahal banyak sekali tokoh-tokoh muslim yang memiliki pemikiran sangat luar biasa, termasuk salah satu contohnya adalah Fazlur Rahman, yang justru karya-karyanya banyak dikaji di Barat. Penelitian ini berfokus pada model pendidikan dalam pemikiran pembaharuan Fazlur Rahman yang dalam pengembangannya ditawarkan untuk pendidikan Islam modern serta berfokus menemukan relevansi dari model tersebut dengan merdeka belajar yang sedang dikembangkan dalam sistem pendidikan Nasional di Indonesia.
Fokus kajian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemikiran Fazlur Rahman tentang model pendidikan, 2) bagaimana relevansi model pendidikan Rahman dan merdeka belajar. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan, menjawab dan mengulas tentang bagaimana pemikiran Fazlur Rahman tentang model pendidikan serta relevansinya dengan merdeka belajar.
Penelitian ini tergolong penelitian jenis pustaka (library research) yakni penelitian yang bahan-bahan penelitiannya mengambil dari bahan tertulis berupa buku, kitab, dokumen, naskah dan lain sebagainnya. Kemudian teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis isi atau konten analisis, yakni menganilisis model pendidikan perspektif Fazlur Rahman dan relevansi model tersebut dengan merdeka belajar. penulis juga menggunakan metode analisis deskriptif, yakni mengungkap pertanyaan akademis dan jawaban-jawaban yang telah dianalisis sehingga menghasilkan pemaparan yang komprehensif.
Penelitian ini mencapai kesimpulan bahwa 1) model pendidikan perspektif Fazlur Rahman terdiri dari tiga model, yakni model pendidikan kritis, model pendidikan kreatif dan model pendidikan moralitas, 2) model pendidikan perspektif Fazlur Rahman relevan dengan konsep merdeka belajar ditinjau dari ide pokok dan tujuannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Robit Hisabillah
Date Deposited: 03 Jul 2023 08:38
Last Modified: 03 Jul 2023 08:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24840

Actions (login required)

View Item View Item