Analisis Five Forces Poster pada Persaingan Bisnis Sepatu Di kecamatan Prajurit Kulon Mojokerto

Amaliah, okky rizqi (2023) Analisis Five Forces Poster pada Persaingan Bisnis Sepatu Di kecamatan Prajurit Kulon Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI OKKY wtr.pdf

Download (1MB)

Abstract

Okky Rizqi Amaliah, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I.M.E.I, 2023: Analisis Five Forces Porter Pada Persaingan Bisnis Sepatu Di Kecamatan Prajurit Kulon Mojokerto.

UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) merupakan jenis usaha kecil produktif yang berdiri sendiri oleh perorangan atau badan usaha di semua sektor ekonomi. Strategi persaingan merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mencapai hasil atau tujuan diinginkan agar mampu memenuhi kebutuhan konsumen yang sama, dan tindakan-tindakan yang efektif guna untuk menciptakan posisi yang aman terhadap kekuatan persaingan.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu : 1) Bagaimana persaingan bisnis sepatu di Kecamatan Prajurit Kulon Mojokerto?, 2) Bagaimana analisis Five Forces Porter pada persaingan bisnis sepatu di Kecamatan Prajurit Kulon Mojokerto?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan tentang persaingan bisnis sepatu di Kecamatan Prajurit Kulon Mojokerto. 2) Mendeskripsikan tentang analisis Five Forces Porter pada persaingan bisnis di Kecamatan Prajurit Kulon Mojokerto.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan dan jenis penelitian kualitatif, deskriptif dengan subyek penelitian dengan menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan tujuan untuk menguji keabsahan data dan menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Persaingan bisnis sepatu di Kecamatan Prajurit Kulon Mojokerto termasuk persaingan pasar monopolistik, karena terdapat 5 industri sejenis bergerak di bidang industri sepatu. Setiap industri memiliki produk sejenis tetapi dengan kualitas produk dan pangsa pasar yang berbeda-beda. Perbedaan produk dapat bersaing atas dasar harga dan kualitas dengan produk yang berbeda. Penjual juga dapat menguasai pasar dan mudah untuk berkreativitas. Adanya biaya produk mahal disebabkan karena adanya riset pengembangan pada produk. 2) Analisis Five Forces Porter terkait persaingan bisnis sepatu di Kecamatan Prajurit Kulon Mojokerto menyatakan bahwa dengan menggunakan analisis ini setiap industri memahami dan mengetahui posisi bisnis yang telah diterapkan seperti jumlah pesaing sejenis yang awalnya 20 industri sepatu saat ini hanya ada 5 industri sepatu yang masih aktif di Kecamatan Prajurit Kulon Mojokerto. Pemasok setiap industri sekitar 2-4 pemasok yang bahan bakunya terbuat dari kulit, imitasi, dan limbah. Terdapat produk pengganti jika ada permintaan dari konsumen. Dominasi setiap pembeli bergantung pada jumlah permintaan.

Kata Kunci : UMKM, Five Forces Porter, Persaingan bisnis, Monopolistik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Okky Rizqi Amaliah
Date Deposited: 03 Jul 2023 08:35
Last Modified: 03 Jul 2023 08:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24841

Actions (login required)

View Item View Item