Optimalisasi Pelaksanaan Produk Tabungan Pendidikan di Kantor Cabang BMT Sidogiri Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso

DIKI, CANDRA (2023) Optimalisasi Pelaksanaan Produk Tabungan Pendidikan di Kantor Cabang BMT Sidogiri Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
DIKI CANDRA.pdf

Download (19MB)

Abstract

Diki Candra, Suprianik, S.E., M.Si, 2023: “Optimalisasi Pelaksanaan Produk Tabungan Pendidikan di Kantor Cabang BMT Sidogiri Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso”.

Optimalisasi pelaksanaan produk tabungan pendidikan adalah proses untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari produk tabungan pendidikan yang ditawarkan oleh institusi keuangan. Tujuan utama dari optimalisasi ini adalah untuk membantu orang tua dan keluarga mempersiapkan dana pendidikan anak-anak mereka secara lebih efektif dan efisien. Dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan produk tabungan pendidikan, institusi keuangan juga perlu memberikan informasi dan edukasi yang mencukupi calon nasabah tentang manfaat dan risiko produk tabungan pendidikan serta memberikan layanan yang berkualitas dan mudah diakses oleh nasabah.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Optimalisasi Pelaksanaan Produk Tabungan Pendidikan di Kantor Cabang BMT Sidogiri Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso.? 2) Apa Saja Faktor Penghambat dan Pendukung Optimalisasi Pelaksanaan Produk Tabungan Pendidikan di Kantor Cabang BMT Sidogiri Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso.?
Penelitian ini memiliki tujuan yakni: 1) Untuk mengetahui Optimalisasi Pelaksanaan Produk Tabungan Pendidikan di Kantor Cabang BMT Sidogiri Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso. 2) Untuk mengetahui Faktor Penghambat dan Pendukung Optimalisasi Pelaksanaan Produk Tabungan Pendidikan di Kantor Cabang BMT Sidogiri Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan meliputi: Pendeketan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Sedangkan Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verivikasi sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber.
Hasil temuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Optimalisasi pelaksanaan produk tabungan pendidikan ini yaitu dengan cara pihak BMT memberikan informasi yang jelas dan lengkap kepada nasabah tentang manfaat dan cara menggunakan produk tabungan pendidikan, menawarkan berbagai pilihan tentang jangka waktu pembayaran atau setoran serta terkait dengan biaya dan keuntungan yang didapat, menawarkan program-program insentif yang menarik pada nasabah serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan atau nasabah. 2) faktor penghambat optimalisasi pelaksanaan produk tabungan pendidikan yaitu karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang produk tabungan pendidikan, kurangnya akses informasi dan pemahaman yang memadai terkait tentang produk tabungan pendidikan, ketidakpastian ekonomi atau penghasilan yang rendah serta kurangnya pelayanan yang memadai. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu pelayanan yang baik dan maksimal sehingga masyarakat merasakan kepuasan dan kenyamanan, adanya edukasi atau sosialisasi pada masyarakat yang lebih mendalam, serta pemberian suku bunga yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: MR DIKI CANDRA
Date Deposited: 05 Jul 2023 00:52
Last Modified: 05 Jul 2023 00:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24850

Actions (login required)

View Item View Item