Faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan e-wallet dalam transaksi keuangan: Studi kasus pengguna e-wallet pada mahasiswa UIN KHAS Jember angkatan 2019-2022

Jannah, Sahrotul (2023) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan e-wallet dalam transaksi keuangan: Studi kasus pengguna e-wallet pada mahasiswa UIN KHAS Jember angkatan 2019-2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sahrotul Jannah_E20192099.PDF

Download (20MB)

Abstract

Sahrotul Jannah, 2023: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-wallet dalam Transaksi Keuangan (Studi Kasus Pengguna E-wallet pada Mahasiswa UIN KHAS Jember Angkatan 2019-2022).

Kata kunci: E-wallet; Minat Penggunaan; Persepsi Manfaat; Fitur Layanan; Persepsi Kemudahan; Persepsi Risiko.

Perkembangan transaksi online yang bertambah pesat mengakibatkan adanya berbagai macam teknologi baru pada sektor keuangan, salah satunya e-wallet atau dompet digital. Di Indonesia sendiri penggunaan e-wallet mengalami pertumbuhan yang positif tiap tahunnya. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang berlomba-lomba menawarkan produknya demi menarik minat konsumennya, dimana produk yang dapat memberikan manfaat, layanan, dan mudah digunakan yang akan dipilih konsumen dalam melakukan transaksi.

Rumusan masalah yang diteliti adalah: 1) Apakah persepsi manfaat, fitur layanan, persepsi kemudahan, dan persepsi risiko secara parsial berpengaruh terhadap minat penggunaan e-wallet (dompet digital) dalam transaksi keuangan pada mahasiswa UIN KHAS Jember? 2) Apakah persepsi manfaat, fitur layanan, persepsi kemudahan, dan persepsi risiko secara simultan berpengaruh terhadap minat penggunaan e-wallet (dompet digital) dalam transaksi keuangan pada mahasiswa UIN KHAS Jember?

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui persepsi manfaat, fitur layanan, persepsi kemudahan, dan persepsi risiko secara parsial berpengaruh terhadap minat penggunaan e-wallet (dompet digital) dalam transaksi keuangan pada mahasiswa UIN KHAS Jember. 2) Untuk mengetahui persepsi manfaat, fitur layanan, persepsi kemudahan, dan persepsi risiko secara simultan berpengaruh terhadap minat penggunaan E-wallet (dompet digital) dalam transaksi keuangan pada mahasiswa UIN KHAS Jember.

Untuk mengidentifikasi permasalahan di atas, penelitian ini menggunakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pembagian kuesioner google formulir dan dokumentasi.

Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Persepsi manfaat dan persepsi kemudahan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan e-wallet. Sedangkan fitur layanan dan persepsi risiko tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan e-wallet pada mahasiswa UIN KHAS Jember angkatan 2019-2022. 2) Variabel persepsi manfaat, fitur layanan, persepsi kemudahan, dan persepsi risiko secara simultan berpengaruh terhadap minat menggunakan e-wallet pada mahasiswa UIN KHAS Jember angkatan 2019-2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Sahrotul Jannah
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:38
Last Modified: 06 Jul 2023 04:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24852

Actions (login required)

View Item View Item