Implementasi Teori Multiple Intelligence pada Mata Pelajaran Fikih dalam Menumbuhkan Kecerdasan Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Amien Sabrang Ambulu

Nur Huda, Ihwan (2023) Implementasi Teori Multiple Intelligence pada Mata Pelajaran Fikih dalam Menumbuhkan Kecerdasan Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Amien Sabrang Ambulu. Masters thesis, UIN Kiyai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (THESIS)
IHWAN NUR HUDA_203206030024.pdf

Download (146MB)

Abstract

ABSTRAK
Ihwan Nur Huda. 2023. Implementasi Teori Multiple Intelligence Pada Mata
Pelajaran Fikih Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Siswa Madrasah
Tsanawiyah Al Amien Sabrang Ambulu. Tesis. Program Studi
Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri K.H.
Achmad Siddiq Jember.
Kata kunci : Multiple Intelligence, Fikih, Keceerdasan Siswa
Madrasah Tsanawiyah Al Amien berupaya mengoptimalkan proses
pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan. Maka dari itu salah satu
proses pembelajaranya menerapakan teori multiple intelligences sebagai landasan.
Fokus Penelitian 1) Bagaimana Implementasi Teori Multiple Intelligence
pada Mata Pelajaran Fikih untuk Menanamkan Kecerdasan Linguistik siswa di
Madrasah Tsanawiyah Al Amien?2) Bagaimana Implementasi Teori Multiple
Intelligence pada Mata Pelajaran Fikih untuk Menanamkan kecerdasan Kinestetik
siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Amien? 3) Bagaimana Implementasi Teori
Multiple Intelligence pada Mata Pelajaran Fikih untuk Menanamkan kecerdasan
Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal siswa di Madrasah Tsanawiyah Al
Amien
Tujuan penelitian Implementasi teori multiple intelligences untuk
menanamkan kecerdasan linguistic. Implementasi teori multiple inteeligences
untuk menanamkan kecerdasan Kinestetik dan Implementasi teori multiple
inteeligences untuk menanamkan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal
siswa di Madrsah Tsanawiyah Al Amien Ambulu, mengali secara rinci tentang,
Proses belajar mengajar dalam aspek perkembangan Kecerdasan Siswa teori
multiple intelligence
Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Howard
Gardner dalam mengkaji Bagaimana cara meningkatkan kecerdasan siswa di
madrasah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
Fenomenologi. Teknik Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif interaktif model Miles
Hubbermen dan jonny saldana. Kondensasi data, penyajian data dan Uji
Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, triangulasi Teknik dan
Memberchek.
Temuan Penelitian ini adalah: Implementasi Teori Multiple Intelligence
pada Mata Pelajaran Fikih untuk Menanamkan kecerdasan Linguistik siswa yakni
bercerita, berdebad dan menyampaikan laporan. Implementasi Teori Multiple
Intelligence pada Mata Pelajaran Fikih untuk Menanamkan kecerdasan Kinestetik
siswa yakni dengan Praktikum langsung. Guru mempraktikan dan di tiru oleh
siswa. Implementasi Teori Multiple Intelligence pada Mata Pelajaran Fikih untuk
Menanamkan kecerdasan Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal siswa
moving kelas, pendekatan serta melatih jiwa kepemimpinan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200516 Indonesian Literature
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Mr. Ihwan Nur Huda
Date Deposited: 04 Jul 2023 01:28
Last Modified: 04 Jul 2023 01:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24858

Actions (login required)

View Item View Item