TEKNIK REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PADA ANAK AUTIS YANG MENGALAMI KESULITAN MENULIS DI SEKOLAH LUAR BIASA HARAPAN PUTRA BANGSA

Sri Rahayu Astutik, Ayu (2023) TEKNIK REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PADA ANAK AUTIS YANG MENGALAMI KESULITAN MENULIS DI SEKOLAH LUAR BIASA HARAPAN PUTRA BANGSA. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
RAHAYU WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sri Rahayu Astutik, “Teknik Reinforcement Untuk Meningkatkan Motivasi Pada Anak Autis Yang Mengalami Kesulitan Menulis Di Sekolah Luar Biasa Harapan Putra Bangsa”.
Reinforcement merupakan rangsangan atau stimulus yang dipergunakan sebagai penguatan atau dijadikan sebuah dorongan atas suatu respon (tingkah laku) tertentu. Pemberian reinforcement perlu adanya reward sebagai bentuk hadiah atau penghargaan. Pemberian hadiah atau penghargaan dapat berupa materi maupun non materi yang setiap bagiannya diberikan sebagai bentuk motivasi yang positif. Kebiasaan yang jarang dilakukan oleh pendidik ketika proses belajar mengajar anak autis yang sedang berlangsung yaitu memberikan penguatan (reinforcement) kepada anak didik atau siswa, jarang menjumpai guru mengucapkan kata bagus sekali dan mengacungkan jempol untuk siswa yang berhasil menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu 1) Bagaimana pelaksanaan teknik reinforcement untuk meningkatkan motivasi pada anak autis yang mengalami kesulitan menulis di Sekolah Luar Biasa Harapan Putra Bangsa? 2) Bagaimana hasil akhir pelaksanaan teknik reinforcement untuk meningkatkan motivasi pada anak autis yang mengalami kesulitan menulis di Sekolah Luar Biasa Harapan Putra Bangsa?
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Menjelaskan proses pelaksanaan teknik reinforcement untuk meningkatkan motivasi pada anak autis yang mengalami kesulitan menulis di Sekolah Luar Biasa Harapan Putra Bangsa. 2) Menjelaskan hasil akhir pelaksanaan teknik reinforcement untuk meningkatkan motivasi pada anak autis yang mengalami kesulitan menulis di Sekolah Luar Biasa Harapan Putra Bangsa.
Untuk mengidentifikasi permaslahan tersebut, peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini di tentukan secara puposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Humberman dengan langkah kon densi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Terdapat enam proses teknik reinforcement : penguatan verbal, penguatan gestural, penguatan kegiatan, penguatan mendekati, penguatan sentuhan, penguatan sentuhan. 2) Guru dan orang tua memiliki cara agar anak merespon motivasi yang di berikan untuk hasil dari belajar, seperti : latihan pra menulis, latihan mengenal huruf, dan latihan menulis atau menyalin kata untuk mengasah kemampuan anak dalam proses belajar menulis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: SRI RAHAYU ASTUTIK ASTUTIK
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:23
Last Modified: 04 Jul 2023 04:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24867

Actions (login required)

View Item View Item