PENGEMBANGAN KATALOG TUMBUHAN BERBIJI TERTUTUP (Angiospermae) DI KAWASAN TAMAN BOTANI SUKORAMBI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS X SMA ARGOPURO PANTI JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023

SITI ELOK, ZAKIYAH (2023) PENGEMBANGAN KATALOG TUMBUHAN BERBIJI TERTUTUP (Angiospermae) DI KAWASAN TAMAN BOTANI SUKORAMBI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS X SMA ARGOPURO PANTI JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Siti Elok Zakiyah_T20168031.pdf

Download (37MB)

Abstract

Kata Kunci: Katalog, Tumbuhan Angiospermae, Taman Botani Sukorambi

Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) termasuk pada materi biologi kelas X SMA Argopuro Panti Jember yang jenisnya sangat beragam sehingga materi sulit dipahami. Permasalahan tersebut terjadi pada proses pembelajaran yaitu kurang efektifnya media pembelajaran yang digunakan. Pemilihan media pembelajaran yang tepat perlu memperhatikan beberapa aspek yaitu, kondisi, karakter peserta didik, keterbatasan dan tujuan pembelajaran. Penggunaan Katalog tumbuhan sebagai media pembelajaran memiliki keunggulan yakni meningkatkan hasil belajar siswa, kemampuan belajar, memudahkan memperoleh informasi dan membantu memahami konsep materi biologi.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan Pengembangan Katalog Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae) di Kawasan Taman Botani Sukorambi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa kelas X SMA Argopuro Panti Jember Tahun Ajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan kevalidan Katalog Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae) di Kawasan Taman Botani Sukorambi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Kelas X SMA Argopuro Panti Jember Tahun Ajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari (Analysis, design, development, implementation, evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Argopuro Panti Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara dan angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan katalog tumbuhan sebagai media pembelajaran didesain menggunakan aplikasi Canva, ukuran A5, warna cover dan layout dominan warna hijau, sedangkan tulisannya dominan warna hitam, menggunakan jenis font (Times New Roman, Menisom SemiBold, Open Sans Light, Open Sans, HK Giotesk Medium dan Childos arabic SemiBold), media pembelajaran di lengkapi dengan gambar tumbuhan monokotil dan dikotil yang diambil dari Taman Botani Sukorambi Jember dan deskripsi tumbuhan yang meliputi klasifikasi dan ciri-ciri morfologi serta peranan, (2) Hasil validasi ahli materi 1 menunjukkan rata-rata persentase sebesar 82 % dengan kriteria sangat valid dan hasil validasi ahli materi 2 menunjukkan rata-rata persentase sebesar 88 % dengan kriteria sangat valid, sedangkan hasil persentase rata-rata dari kedua validator ahli materi sebesar 85 % yang menunjukkan kriteria sangat valid.. Hasil validasi ahli media 1 menunjukkan rata-rata persentase sebesar 84 % dengan kriteria sangat valid dan hasil validasi ahli media 2 menunjukkan rata-rata persentase sebesar 87 % dengan kriteria sangat valid, sedangkan hasil persentase dari kedua validator ahli media sebesar 86 % yang menunjukkan kriteria angat valid. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa meedia pembelajaran Katalog tumbuhan valid dan layak digunakan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: SITI ELOK ZAKIYAH
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:29
Last Modified: 04 Jul 2023 04:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24869

Actions (login required)

View Item View Item