Debt Behavior Pekerja Milenial di PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember

Wahyuni, Sofi (2023) Debt Behavior Pekerja Milenial di PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SOFI WAHYUNI E20191247 SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perilaku keuangan mencakup perilaku yang mengelola uang dalam bentuk tunai, kredit dan tabungan. Manajemen utang tetap menjadi perhatian menarik para praktisi konsultan keuangan dan masyarakat. Generasi milenial sebagai generasi yang selalu terhubung baik karena alasan rasional maupun irasional serta kelompok milenial yang merepresentasikan tipe masyarakat modern. PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember di mana memiliki jumlah karyawan sebanyak 154 orang.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana pandangan pekerja milenial PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember terkait utang? 2) Bagaimana debt behavior pekerja milenial PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pandangan pekerja milenial PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember terkait utang. 2) Untuk mengetahui debt behavior pekerja milenial di PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis data deskriptif. Subjek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk menganalisis data yaitu reduksi data, menyajikan dan menarik kesimpulan dari data, serta memvalidasi data melalui triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Pandangan pekerja milenial terkait utang atau pinjaman di bank bagi pekerja milenial yakni pinjaman merupakan hal yang wajar bagi pekerja bank, pinjaman dapat membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan, utang tidak selalu negatif akan tetapi utang bisa positif jika pengalokasiannya tepat. 2) Debt behavior pekerja milenial di PT Bank Rakyat Indonesia kantor cabang Jember, debt behavior memang dilakukan oleh pekerja bank karena mereka lebih mudah mendapatkan akses simpan pinjam akan tetapi dalam pemakaiannya harus diperhatikan serta bisa dikurangi jika pengalokasiannya kurang tepat, pengalokasian bisa untuk berinvestasi, membeli saham, atau membeli aset yang bisa dijual dan bermanfaat kedepannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Sofi Wahyuni/SW Wahyuni
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:31
Last Modified: 04 Jul 2023 04:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24874

Actions (login required)

View Item View Item