Penanaman Nilai-Nilai ASWAJA dalam Penguatan Moderasi Beragama pada Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Syirkah Salafiyah Pondok Pesantren Ad Dimyati Jenggawah Jember

Abd., Latif (2023) Penanaman Nilai-Nilai ASWAJA dalam Penguatan Moderasi Beragama pada Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Syirkah Salafiyah Pondok Pesantren Ad Dimyati Jenggawah Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ABD LATIF_213206030046.pdf

Download (4MB)

Abstract

Abd. Latif, 2023. Penanaman Nilai-Nilai ASWAJA dalam Penguatan Moderasi Beragama pada Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Syirkah Salafiyah Pondok Pesantren Ad Dimyati Jenggawah Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Ubaidillah, M. Ag. Pembimbing II: Prof. Dr. H. Mundir, M. Pd.
Kata Kunci: Penanaman Nilai-Nilai ASWAJA, Moderasi Beragama

Islam sebagai agama yang rahmatal lil al-alamin dapat diterima oleh masyarakat Indonesia, karena ajarannya memilki elastisitas yang dapat menyatu dengan tradisi manapun, termasuk tradisi nusantara. Islam di Indonesia mayoritas pemeluknya ialah Islam yang berlandaskan Ahlussunnah wal Jama’ah (ASWAJA). Namun belakangan ini muncul gerakan dan pemikiran Islam radikal dan fanatik yang selalu menyebarkan sikap intoleransi kepada siapapun, bahkan gerakan tersebut merekrut anggota baru dari kalangan anak-anak di bawah umur. Menanggapi berkembangnya gerakan paham radikal dan fanatik tersebut, salah satu organisasi keagamaan yang aktif dalam meng-counter ialah Nahdlatul Ulama (NU) dengan cara menanamkan Pendidikan Ahlussunnah wal Jama’ah di sekolah tingkat dasar atau menengah. Madrasah Tsanawiyah Syirkah Salafiyah merupakan salah satu sekolah yang ingin membentuk peserta didik memiliki nilai-nilai Ahlus Sunnah Wal Jama’ah.
Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis tentang penanaman nilai-nilai Ahlussunnah wal Jama’ah dengan fokus penelitian: 1)Bagaimana penanaman nilai tawassuth dalam penguatan moderasi beragama pada peserta didik Madrasah Tsanawiyah Syirkah Salafiyah, 2)Bagaimana penanaman nilai tawazun dalam penguatan moderasi beragama pada peserta didik Madrasah Tsanawiyah Syirkah Salafiyah. 3)Bagaimana penanaman nilai tasamuh dalam penguatan moderasi beragama pada peserta didik Madrasah Tsanawiyah Syirkah Salafiyah. 4)Bagaimana penanaman nilai I’tidal dalam penguatan moderasi beragama pada peserta didik Madrasah Tsanawiyah Syirkah Salafiyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: 1)Penanaman nilai tawassuth dan I’tidal adalah dengan membiasakan Maulidan, sholawatan, ziarah wali, pengajaran kitab kuning, upacara bendera dan kegiatan nasional. 2)Penanaman nilai tawazun adalah dengan membiasakan sholat berjama’ah, Pembacaan wirid, yasin, tahlil, istighosah, hafalan juz 30 dan membekali intelektual yang canggih. 3)Penanaman nilai tasamuh adalah dengan membiasakan hidup bersih, disiplin dan taat tata tertib sekolah, dan mewajibkan seluruh siswa untuk mengikuti kegiatan pramuka. 4)Penanaman nilai I’tidal dengan mengajarkan sikap demokratis saat pemilihan pengurus kelas dan pengurus OSIS.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Abd. Latif
Date Deposited: 04 Jul 2023 01:16
Last Modified: 04 Jul 2023 01:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24876

Actions (login required)

View Item View Item