Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Candi Jawi Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Mustaqim Sukorejo Pasuruan

Azizah, Vivin Nor (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Candi Jawi Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Mustaqim Sukorejo Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Vivin Nor Azizah (T20197098).pdf

Download (13MB)

Abstract

Lembar kerja peserta didik merupakan bahan ajar yang berupa lembaran yang
berisi materi dan petunjuk pengerjaan tugas sebagai fasilitator dalam
berlangsungnya proses pembelajaran. Lembar Kerja Peserta Didik dapat
memberikan kesempatan peserta didik untuk mengkonstruksikan pemahaman
konsep dan melatih kemampuan berpikir kreatif dengan berperan aktif. Dalam hal
ini peneliti mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis etnomatematika yang
dapat digunakan pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses
pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika candi jawi
pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Al Mustaqim. 2) Mengetahui kualitas
lembar kerja peserta didik yang dihasilkan dari tiga aspek yaitu kevalidan,
kepraktisan dan keefektifan.
Model pengembangan ini menggunakan model ADDIE (analysis, design,
development, implementation and evaluation). Instrumen pengumpulan data
menggunkan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli desain, lembar
validasi ahli pendidikan matematika, angket respon pendidik dan peserta didik
dan lembar tes.
Hasil penelitian pengembangan produk lembar kerja peserta didik berbasis
etnomatematika candi jawi pada materi bangun ruang sisi datar dengan
memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang sesuai melalui
tahapan yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap
implementasi dan tahap evaluasi. Hasil validasi LKPD dari setiap validator yaitu
1) Rata-rata nilai validasi ahli materi 3,5, 2) Rata-rata nilai validasi ahli desain
3,9, 3) Rata-rata nilai validasi ahli pendidikan matematika 4,3. Dan total rata-rata
keseluruhan nilai validasi dari ketiga validator adalah 4,23 dengan kriteria sangat
valid. Hasil rata-rata nilai dari angket respon pendidik dan peserta didik dalam uji
kepraktisan adalah 4 dari respon pendidik dan 4,046 dari respon peserta didik
dengan kriteria praktis. Dan hasil rata-rata nilai tes dari 5 soal esai dalam uji
keefektifan adalah 80 % dengan kriteria tuntas, sehingga LKPD yang
dikembangkan ini mencapai kriteria efektif.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Etnomatematika, Candi Jawi,
Bangun Ruang Sisi Datar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Vivin Nor Azizah
Date Deposited: 04 Jul 2023 01:09
Last Modified: 04 Jul 2023 01:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24878

Actions (login required)

View Item View Item