Inovasi Pembelajaran Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar (Studi Multisitus Pada MI Sabilillah Sampang dan MTsN 3 Sumber Bungur Pamekasan)

Mawardi, Mawardi (2023) Inovasi Pembelajaran Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar (Studi Multisitus Pada MI Sabilillah Sampang dan MTsN 3 Sumber Bungur Pamekasan). Doctoral thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MAWARDI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mawardi, 2023. “INOVASI PEMBELAJARAN KELAS UNGGULAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (Studi Multisitus pada MI Sabilillah Sampang dan MTsN 3 Sumber Bungur Pamekasan)”. Disertasi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri KHAS Jember. Promotor: Prof. Dr. H. Moh. Khusnuridlo, M.Pd., Co-Promotor: Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag., M.M.
Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran, Kelas Unggulan, Prestasi Belajar.
Daya kreativitas dan inovasi secara alamiah telah dimiliki setiap individu, namun tumbuh dan berkembangnya akan berbeda tergantung dari kesempatan masing-masing untuk mengembangkannya. Butuh pembiasaan yang berkesinambungna diiringi dengan penanaman sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Peranan dunia pendidikan sangatlah penting terutama guru harus dapat berinovasi dalam menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, dan menyenangkan, sehingga tujuan pembelajaran lebih mudah dicapai. Di antara madrasah yang berani merancang inovasi pembelajaran kelas unggulan yaitu MI Sabilillah dan MTsN 3 Sumber Bungur Pamekasan yang mampu menerapkan pengembangan kurikulum dengan program kelas unggulan, dimana siswa diberikan kesempatan berekspresi dan berkreasi sehingga menumbuhkan pribadi aktif, kreatif, inovatif, mandiri dan dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk menganalisis perencanaan inovasi pembelajaran kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar di MI Internasional Sabilillah Sampang dan MTs Negeri 3 Sumber Bungur Pamekasan. 2. Untuk menganalisis pelaksanaan inovasi pembelajaran kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar di MI Internasional Sabilillah Sampang dan MTs Negeri 3 Sumber Bungur Pamekasan. 3. Untuk menganalisis evaluasi inovasi pembelajaran kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar di MI Internasional Sabilillah Sampang dan MTs Negeri 3 Sumber Bungur Pamekasan. Ketiga fokus tersebut diteliti dengan menggunakan teori inovasi pembelajaran Stephen Robbins, Scrupeter, Markus Sattler, JB Stoner dan evaluasi inovasi pembelajaran menggunakan teori Stuffebeam dan evaluasi program menggunakan model CIPP serta beberapa teori lainnya yang relevan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualititatif dengan jenis studi multisitus. Teknik penggalian data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles Huberman dan Saldana terdiri dari data condensation, data display, dan conclusion drawing/verifications. Sementara keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Temuan penelitian ini adalah: 1) Perencanaan inovasi pembelajaran kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar dibangun melalui penetapan standar seleksi input, standar proses pembelajaran unggul dan output unggul. 2) Pelaksanaan inovasi pembelajaran kelas dalam meningkatkan prestasi belajar melalui kurikulum diperkaya dengan olimpiade, manajemen kelas, guru berstandar, pengelolaan media dan boarding school. 3) Evaluasi hasil belajar menggunakan pendekatan tes dan non-tes meliputi aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan dengan standar high competition, sehingga prestasi belajar siswa dan reputasi madrasah semakin meningkat. Evaluasi program inovasi pembelajaran menggunakan model CIPP dengan mengembangkan empat komponen yaitu: context, input, process, dan product.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dr mawardi M.Hi
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:48
Last Modified: 05 Jul 2023 02:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24879

Actions (login required)

View Item View Item