Revitalisasi Pengetahuan Agama Melalui Kegiatan Majelis Taklim Ihyaul Muslimin di Desa Kecik Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo

Maulana, Abdurrahman (2023) Revitalisasi Pengetahuan Agama Melalui Kegiatan Majelis Taklim Ihyaul Muslimin di Desa Kecik Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdurrahman Maulana_T20191179.pdf

Download (3MB)

Abstract

Majelis taklim merupakan lembaga yang menyelenggarakan pengajaran, pembinaan, dan kegiatan-kegiatan sosial. Melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan majelis taklim dengan tujuan setiap ilmu yang diperoleh dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Majelis taklim memberikan dampak terhadap perubahan baik dalam kaitannya dengan persoalan pengetahuan keagamaan, sosial dan budaya.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apa program majelis taklim ihyaul muslimin dalam merevitalisasi pengetahuan agama di Desa Kecik Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo? 2) Bagaimana metode pengajian yang dilakukan oleh majelis taklim ihyaul muslimin dalam merevitalisasi pengetahuan agama di Desa Kecik Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo? 3) Bagaimana dampak dari pengajian majelis taklim ihyaul muslimin dengan moderasi beragama?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeksripsikan program majelis taklim ihyaul muslimin dalam merevitalisasi pengetahuan agama di Desa Kecik Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo. 2) Untuk mendeksripsikan metode pengajian yang dilakukan oleh majelis taklim dalam merevitalisasi pengetahuan agama di Desa Kecik Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo. 3) Untuk mendeksripsikan dampak pengajian dengan moderasi beragama oleh majelis taklim ihyaul muslimin dalam merevitalisasi pengetahuan agama di Desa Kecik Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Fiels Research) yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data model Miles Huberman dengan langkah-langkah: 1) kondensasi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap penelitian yakni tahap pra penelitian, tahap pelaksanaan penelitian dan tahap akhir penelitian.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Program majelis taklim ihyaul muslimin diantaranya pengajian dan sholawat nabi, pembacaan sholawat nariyah, kajian kitab fikih, dan santunan anak yatim. 2) Metode pengajian yang digunakan oleh majelis taklim ihyaul muslimin yaitu ada dua diantaranya metode ceramah dan metode tanya jawab. 3) Melalui kegiatan pengajaran agama dimajelis taklim ihyaul muslimin pengetahuan yang diperoleh bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari seperti saling menghormati satu sama lain, hidup tentram dan damai, hidup rukun serta toleransi terhadap perbedaan.

Kata kunci: Revitalisasi Pengetahuan Agama, Majelis Taklim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdurrahman Maulana
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:38
Last Modified: 04 Jul 2023 04:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24883

Actions (login required)

View Item View Item