Analisis Gestur Matematis Siswa dalam Meemecahkan Masalah Phytagoras ditinjau dari Gaya Belajar di Kelas VIII SMPN 1 Jember

Putri, Elvira Anggraini (2023) Analisis Gestur Matematis Siswa dalam Meemecahkan Masalah Phytagoras ditinjau dari Gaya Belajar di Kelas VIII SMPN 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elvira Anggraini Putri_T20197139.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pada saat proses penyelesaian masalah matematika secara spontan siswa melakukan gerakan tubuh yang disebut gestur matematis. Gestur matematis penting adanya, karena dapat mempermudah dalam menyelesaikan masalah matematika. Karena gestur membantu siswa untuk menjelaskan atau menyelesaikan sesuatu dengan lebih jelas.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana gestur matematis siswa dengan gaya belajar visual dalam memecahkan masalah matematika? 2) Bagaimana gestur matematis siswa dengan gaya belajar auditorial dalam memecahkan masalah matematika? 3) Bagaimana gestur matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam memecahkan masalah matematika?.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana gestur matematis siswa dengan gaya belajar visual dalam memecahkan masalah matematika. 2) Mendeskripsikan bagaimana gestur matematis siswa dengan gaya belajar auditorial dalam memecahkan masalah matematika. 3) Mendeskripsikan bagaimana gestur matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam memecahkan masalah matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, mendeskripsikan bagaimana gestur matematis siswa dengan gaya belajar berbeda (visual, auditorial, dan kinestetik) dalam memecahkan masalah matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan matode observasi, metode tes, metode dokumentasi, dan metode wawancara.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Siswa dengan gaya belajar visual menunjukan gesturmenunjuk pada saat mengerti permasalahan, merancang rencana penyelesaian, dan melaksanakan rencana penyelesaian masalah. Muncul gestur representasi pada sedang merancang rencana penyelesaian. Muncul gestur menulis pada saat subjek merancang rencana penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian masalah; 2) Siswa dengan gaya belajar auditorial menunjukan gesturmenunjuk pada saat mengerti permasalahan. Muncul gestur representasi pada sedang merancang rencana penyelesaian. Muncul gestur menulis pada saat merancang dan melaksanakan rencana penyelesaian; 3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik menunjukan gesturgestur menunjuk pada saat mengerti permsalahan dan saat merancang rencana penyelesaian. Muncul gestur representasi pada saat merancang rencana penyelesaian. Muncul gestur menulis pada saat mengerti permasalahan, merancang rencana penyelesaian, dan melaksanakan rencana penyelesaian masalah.
Kata Kunci: Gestur Matematis, Memecahkan Masalah, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Elvira Anggraini Putri
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:42
Last Modified: 04 Jul 2023 04:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24884

Actions (login required)

View Item View Item