Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Ruang Lingkup Ajaran Islam Pada Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Ainul Yaqin Ajung Jember

Shodiq, Ahmad Fajar (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Ruang Lingkup Ajaran Islam Pada Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Ainul Yaqin Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Fajar Shodiq T20161012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Guru Pendidkan Agama Islam menjadi faktor penting dalam proses pendidikan keagamaan sehingga perannya dapat mempengaruhi keberahasilan sebuah pendidikan yang membawa peserta didik menjadi pribadi yang mempunyai jiwa relegius dan berakhlak baik. Pada tataran implementatif pendidikan islam, peranan pendidik sangat menentukan hasil dari proses pembelajaran, karena pendidik mempunyai tanggung jawab dalam menentukan arah pendidikan tersebut. Salah satu peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan ruang lingkup ajaran Islam yang memiliki tujuan agar peserta didik menjadi seseorang yang mempunyai kepribadian dan berwawasan relegius sehingga menghasilkan karakter akhlak yang baik.
Fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menenamkan akidah pada peserta didik di SMP Ainul Yaqin Ajung, (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menenamkan ibadah pada peserta didik di SMP Ainul Yaqin Ajung, (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menenamkan akhlak pada peserta didik di SMP Ainul Yaqin Ajung. Tujuan penelitian meliputi: (1) Mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menenamkan akidah pada peserta didik di SMP Ainul Yaqin Ajung, (2) Mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menenamkan ibadah pada peserta didik di SMP Ainul Yaqin Ajung, (3) Mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menenamkan akhlak pada peserta didik di SMP Ainul Yaqin Ajung
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus dan penentuan subjek penelitian purposive. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana yang meliputi: Kondensasi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Adapun keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan akidah pada peserta didik di SMP Ainul Yaqin dengan memberikan dasar akidah yang berdasar pada ahlusunnah wal jamaah yang notabenya lembaga tersebut bernaung pada yayasan Pondok Pesantren. (2) peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan ibadah pada peserta didik di SMP Ainul Yaqin telah dilaksanakan dengan baik melalui kegiatan sholat duha berjamaah. (3) peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan akhlak pada peserta didik di SMP Ainul Yaqin melalui kegiatan setiap pagi peserta didik dan guru berbaris di depan kelas untuk berdoa secara bersama setelah itu berjabatan tangan antara guru, peserta didik dan teman sebaya sebelum pembelajaran dimulai.
Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Ruang Lingkup Ajaran Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Fajar
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:49
Last Modified: 04 Jul 2023 04:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24890

Actions (login required)

View Item View Item