AL-QUR’AN SEBAGAI SHIFA´ DALAM CERAMAH USTADZ ADI HIDAYAT DI MEDIA SOSIAL (Kajian Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk)

Syelviana, Ana (2023) AL-QUR’AN SEBAGAI SHIFA´ DALAM CERAMAH USTADZ ADI HIDAYAT DI MEDIA SOSIAL (Kajian Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Ana Syelviana_U20191069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada era Society 5.0 saat ini, pemahaman masyarakat terhadap Shifa´ hanya berkisar pada pengetahuan bahwa Shifa´ adalah nama lain al-Qur’an yang mana Shifa´ hanya dapat menyembuhkan penyakit psikologis. Padahal secara historis pada zaman Nabi al-Qur’an bukan hanya obat untuk penyakit kejiwaan, akan tetapi juga dapat sebagai obat dari penyakit fisik. Dalam ceramahnya, Ustadz Adi Hidayat hadir sebagai tokoh yang berusaha menjelaskan konsep Shifa´ baik secara ontologis, epistemologis dan aksiologis. Maka dari itu dalam penelitian ini, peneliti akan mengkaji al-Qur’an sebagai Shifa´ dalam ceramah Ustadz Adi Hidayat di media sosial dengan melalui analisis wacana kritis yang dikembangkan oleh Teun A. Van Dijk yang menekankan kognisi sosial, yang mana dalam mengkaji al-Qur’an latar belakang tokoh dapat mempengaruhi ideologi penafsirannya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) yang mana sumber primer penelitian ini didapat dari video ceramah Ustadz Adi Hidayat tentang al-Qur’an sebagai Shifa´ yang ada di media sosial youtube. Penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yakni; 1. Bagaimana konsep al-Qur’an sebagai Shifa´ dalam ceramah Ustadz Adi Hidayat di Media Sosial?, 2. Bagaimana ceramah Ustadz Adi Hidayat tentang al-Qur’an sebagai Shifa´ melalui analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk?.
Menurut Ustadz Adi Hidayat, al-Qur’an sebagai Shifa´ memiliki dua artian, pertama sebagai obat dari penyakit fisik yang melampaui batas fisik, dan yang kedua sebagai obat dari penyakit hati. Sedangkan dari analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk dapat disimpulkan bahwa Ustadz Adi Hidayat memiliki ke-khas-an dalam dakwahnya, yakni memiliki keahlian dalam bidang lughah dan ingatan yang kuat. Ustadz Adi Hidayat juga hadir sebagai tokoh yang moderat sehingga dakwahnya dapat diterima oleh seluruh kalangan masyarakat Islam.
Kata Kunci: Al-Qur’an Sebagai Shifa´, Media Sosial, Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ana Syelviana
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:08
Last Modified: 04 Jul 2023 04:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24903

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item