Implementasi Akad Mudharabah Dalam Produk Pembiayaan BNI Linkage Program iB Hasanah Pada Bank BSI Ex (BNI Syariah) Kantor Cabang Jember

Prawira, Iksana Yudha (2019) Implementasi Akad Mudharabah Dalam Produk Pembiayaan BNI Linkage Program iB Hasanah Pada Bank BSI Ex (BNI Syariah) Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Iksana Yudha Prawira_E20161042.pdf

Download (3MB)

Abstract

Iksana Yudha Prawira, 2023:Dr. Hersa Farida Qoriani, S.Kom, M.E.I, 2023. Implementasi Akad Mudharabah Produk pembiayaan BNI Linkage Program IB Hasanah Pada Bank BSI Ex (BNI Syariah) Kantor Cabang Jember.

Didalam Perbankan, lembaga keuangan ialah setiap yang bergerak dibidang keuangan, menghimpun dana dan menyalurkan dana atau kedua-duanya. Bank merupakan lembaga yang memiliki peran dasar sebagai intermediaris yaitu pemilik dana dan peminjam dana maka dari itu bank mempunyai produk dasar dan utama pada suatu bank berupa simpanan dan pinjaman. Menurut keperluannya pembiayaan produktif pada bank dibagi menjadi dua yaitu pembiayaan modal kerja dan pembiayaan investasi.
Fokus penelitian dari skripsi ini adalah: Bagaimana mekanisme, implementasi akad mudharabah dan kendala-kendala dalam produk pembiayaan BNI Linkage Program iB Hasanah
Tujuan penelitian dari skripsi ini adalah: Mengetahui mekanisme dan implementasi akad mudharabah dalam produk pembiayaan BNI Linkage Program iB Hasanah. Serta untuk mengetahui kendala-kendala yang terjadi dalam produk pembiayaan BNI Linkage Program iB Hasanah.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitaif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian menggunakan field research (penelitian lapangan) dimana peneliti langsung datang ke lokasi untuk penelitian.
Berdasarkan kajian teori mengenai akad mudharabah dan produk pembiayaan BNI linkage progam saling berkesinambungan karena hal itu merupakan suatu implementasi akad mudharabah pada produk bank BNI syariah.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hal ini merupakan gambaran mekanisme produk pembiayaan linkage progam IB hasanah yang menggunakan pola executing yang berawal dari pengajuan permohonan kerja sama untuk melengkapi persyaratan yang ada, setelah itu bank akan memeriksa kelengkapan persyaratan tersebut lalu pihak bank akan membuat surat keputusan, ketika semua sudah selesai maka akan dilakukan akad kerja sama antara bank dan koperasi menggunakan akad mudharabah yang dapat diimplementasikan pada produk pembiayaan linkage progam IB hasanah. Selanjutnya kendala-kendala yang ada dalam pembiayaan ini salah satunya adanya persaingan produk dengan bank lain serta adanya peraturan baru Undang Undang mengenai pembiayaan yang ditetapkan pada tahun 2016 sampai sekarang.

Kata kunci: Akad Mudharabah, Pembiayaan dan Produk Linkage Progam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Iksana Yudha Prawira
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:05
Last Modified: 04 Jul 2023 04:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24904

Actions (login required)

View Item View Item