Azizah, Vivin Nor (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA CANDI JAWI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DISEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) AL MUSTAQIM SUKOREJO PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
Skripsi Vivin Nor Azizah (T20197098).pdf Download (13MB) |
Abstract
Lembar kerja peserta didik merupakan bahan ajar yang berupa lembaran yang
berisi materi dan petunjuk pengerjaan tugas sebagai fasilitator dalam
berlangsungnya proses pembelajaran. Lembar Kerja Peserta Didik dapat
memberikan kesempatan peserta didik untuk mengkonstruksikan pemahaman
konsep dan melatih kemampuan berpikir kreatif dengan berperan aktif. Dalam hal
ini peneliti mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis etnomatematika yang
dapat digunakan pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses
pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika candi jawi
pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Al Mustaqim. 2) Mengetahui kualitas
lembar kerja peserta didik yang dihasilkan dari tiga aspek yaitu kevalidan,
kepraktisan dan keefektifan.
Model pengembangan ini menggunakan model ADDIE (analysis, design,
development, implementation and evaluation). Instrumen pengumpulan data
menggunkan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli desain, lembar
validasi ahli pendidikan matematika, angket respon pendidik dan peserta didik
dan lembar tes.
Hasil penelitian pengembangan produk lembar kerja peserta didik berbasis
etnomatematika candi jawi pada materi bangun ruang sisi datar dengan
memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang sesuai melalui
tahapan yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap
implementasi dan tahap evaluasi. Hasil validasi LKPD dari setiap validator yaitu
1) Rata-rata nilai validasi ahli materi 3,5, 2) Rata-rata nilai validasi ahli desain
3,9, 3) Rata-rata nilai validasi ahli pendidikan matematika 4,3. Dan total rata-rata
keseluruhan nilai validasi dari ketiga validator adalah 4,23 dengan kriteria sangat
valid. Hasil rata-rata nilai dari angket respon pendidik dan peserta didik dalam uji
kepraktisan adalah 4 dari respon pendidik dan 4,046 dari respon peserta didik
dengan kriteria praktis. Dan hasil rata-rata nilai tes dari 5 soal esai dalam uji
keefektifan adalah 80 % dengan kriteria tuntas, sehingga LKPD yang
dikembangkan ini mencapai kriteria efektif.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Etnomatematika, Candi Jawi,
Bangun Ruang Sisi Datar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010104 Combinatorics and Discrete Mathematics (excl. Physical Combinatorics) 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010107 Mathematical Logic, Set Theory, Lattices and Universal Algebra 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010203 Calculus of Variations, Systems Theory and Control Theory |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Vivin Nor Azizah |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 00:56 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 00:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24906 |
Actions (login required)
View Item |