Pengembangan media pembelajaran explosion box pada mata pelajaran matematika kelas V di madrasah ibtidaiyah al-ma'arif 02 jombang - jember

Baroro, Neneng (2023) Pengembangan media pembelajaran explosion box pada mata pelajaran matematika kelas V di madrasah ibtidaiyah al-ma'arif 02 jombang - jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NENENG SKRIPSI RND FIXXXX watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Neneng Baroro, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran Explosion Box Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MI Al-Ma’arif 02 Jombang-Jember.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Explosion Box, Mata Pelajaran Matematika.

Pengembangan dari media explosion box ini merupakan media dengan bentuk kotak dari bahan triplek dengan akses buka tutup di tiap sisinya. Pada tiap sisinya memuat isi berupa tulisan dan gambar mengenai materi bangun ruang. Peneliti mengembangkan media explosion box ini dikarenakan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi bangun ruang kelas V, dimana materi ini memuat tentang materi perhitungan dan angka.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kelayakan media pembelajaran explosion box pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Al-Ma’arif 02 Jombang-Jember? 2) Bagaimana efektifitas media pembelajaran explosion box pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Al-Ma’arif 02 Jombang-Jember? 3) Bagaimana kemenarikan media pembelajaran explosion box pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Al-Ma’arif 02 Jombang- Jember?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran explosion box pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Al-Ma’arif 02 Jombang-Jember. 2)Untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran explosion box pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Al-Ma’arif 02 Jombang-Jember. 3)Untuk mengetahui kemenarikan media pembelajaran explosion box pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Al-Ma’arif 02 Jombang-Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yakni: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Untuk mendapatkan data kelayakan media peneliti memberikan lembar angket kepada ahli media, ahli bahasa dan ahli materi dan respon guru. Untuk data efektifan media diperoleh dari tes peserta didik (pretest dan posttest). Serta data kemenarikan media diperoleh dari respon peserta didik kelas V.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1) Kelayakan media pembelajaran diperoleh dari hasil ahli validasi, tanggapan guru dan peserta didik yakni telah dinyatakan sangat layak untuk digunakan dengan skor 90% dari ahli media, ahli bahasa mendapatkan skor 88%, dan ahli materi mendapatkan skor 84%, hasil respon guru kelas V skor 88%. 2) Efektivan media pembelajaran diperoleh dari hasil pretest da posttest, hasil pretest skor 71, 17% hasil posttest skor 90% dan hasil dari perhitungan N-gain untuk mengetahui media sudah efektif atau belum dengan skor 68% kategori cukup. 3) Kemenarikan media pembelajaran di peroleh dari respon peserta didik dengan skor 90%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Neneng Baroro
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:39
Last Modified: 04 Jul 2023 06:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24917

Actions (login required)

View Item View Item