Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Kecanduan Game online Pada Siswa MAN Bondowoso

Bahri, Saiful (2023) Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Kecanduan Game online Pada Siswa MAN Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SAIFUL BAHRI (D20183048).pdf

Download (1MB)

Abstract

Saiful Bahri, 2023: Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Kecanduan Game online Pada Siswa MAN Bondowoso.

Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling, Kecanduan Game online.
Game online merupakan sarana hiburan yang dapat dimainkan dengan sebuah gawai dan dapat diakses secara online melalui jaringan internet. Game online memiliki dampak yang signifikan, terutama pada kemampuan belajar siswa. Dalam situasi tersebut, siswa menjadi ketagihan atau kecanduan game online. Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso (MAN Bondowoso) menjadi lokasi permasalahan terkait kecanduan game online. Dalam hal ini, beberapa siswa bergantung pada game online yang sering mereka mainkan di sekolah maupun sepulang sekolah. Berangkat dari masalah ini guru Bimbingan Konseling yang ada di MAN Bondowoso mencoba menangani ketergantungan yang dialami siswa agar tidak terus bertambah dan menyebabkan terganggunya proses belajar siswa. Tindakan tersebut juga didukung oleh peran beberapa siswa, beberapa guru dan keluarga dari siswa yang mengalami ketergantungan game online.
Fokus masalah yang diteliti yaitu: 1) Bagaimana proses Bimbingan Konseling di MAN Bondowoso dalam menangani siswa yang mengalami kecanduan game online?. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari proses Bimbingan Konseling di MAN Bondowoso dalam menangani siswa yang mengalami kecanduan game online?.
Tujuan penelitian yang diteliti adalah: 1) Untuk mendeskripsikan dan memahami bagaimana proses Bimbingan Konseling di MAN Bondowoso dalam menangani siswa yang mengalami kecanduan game online. 2) Untuk mendeskripsikan dan memahami faktor pendukung dan penghambat dari proses Bimbingan Konseling di MAN Bondowoso dalam menangani siswa yang mengalami kecanduan game online.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang dilakukan yakni dengan purposive sampling, terdiri dari guru BK, guru wali kelas, siswa, dan wali murid. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, analisis data menggunakan model Miles Huberman. Kemudian, keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: Proses Bimbingan Konseling di MAN Bondowoso dalam menangani siswa yang mengalami kecanduan game online yakni dilakukan dengan beberapa langkah, diantaranya langkah identifikasi masalah, langkah diagnosis, langkah prognosis, langkah terapi, dan langkah evaluasi. Kemudian faktor pendukung dari proses bimbingan dan konseling dalam menangani siswa yang kecanduan game online yaitu, konferensi kasus, dimana guru Bk, guru wali kelas dan guru mata pelajaran ikut serta dalam merentaskan permasalahan. Sedangkan faktor penghambatnya yakni kurangnya guru BK, kurang nyamannya sarana prasarana di ruang BK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mas Saiful Bahri Saif
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:31
Last Modified: 04 Jul 2023 08:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24936

Actions (login required)

View Item View Item