Perilaku Masyarakat Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember Dalam Melakukan Pembelian Promo 12.12 Di Marketplace Shopee Perspektif Fiqih Muamalah

Murtadho, Lutfi Mohammad (2023) Perilaku Masyarakat Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember Dalam Melakukan Pembelian Promo 12.12 Di Marketplace Shopee Perspektif Fiqih Muamalah. Undergraduate thesis, UIN Khas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOHAMMAD LUTFI MURTADHO_S20182015.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Mohammad Lutfi Murtadho, 2023, Perilaku Masyarakat Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember Dalam Melakukan Pembelian Promo 12.12 Di Marketplace Shopee Perspektif Fiqih Muamalah.
Kata kunci: Perilaku Masyarakat, Promo 12.12, Marketplace Shopee

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang mengakibatkan adanya sistem jual beli secara online yang ditampung oleh marketplace. Salah satunya marketplace yang berada di Indonesia yaitu marketplace Shopee yang menjalankan event promo 12.12. Masyarakat sangat antusias mengikutinya, terkhusus masyarakat Puger Kulon. Namun dalam prakteknya, apakah perilaku yang dilakukan masyarakat Puger Kulon dalam pembelian promo 12.12 sudah sesuai dengan ketentuan Shopee yang berlaku berdasarkan perspektif Fiqih Muamalah, baik dalam promo Flash Sale, Gratis Ongkir, dan Cashback.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perilaku masyarakat Puger Kulon dalam melakukan pembelian promo 12.12 Flash Sale perspektif Fiqih Muamalah? 2) Bagaimana perilaku masyarakat Puger Kulon dalam melakukan pembelian promo 12.12 Gratis Ongkir perspektif Fiqih Muamalah? 3) Bagaimana perilaku masyarakat Puger Kulon dalam melakukan pembelian promo 12.12 Cashback perspektif Fiqih Muamalah?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahi perilaku masyarakat Puger Kulon dalam melakukan pembelian promo 12.12 Flash Sale, Gratis Ongkir, dan Cashback perspektif Fiqih Muamalah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan empiris yang dilakukan di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dievaluasi dengan menggunakan metode analisis naratif. Dan tentang keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Pembelian promo 12.12 Flash Sale di marketplace Shopee yang dilakukan masyarakat Puger Kulon tidak ada unsur penipuan kecurangan menggunakan bot. Promo Flash Sale perspektif fiqih muamalah adalah akad ju’alah dan masyarakat Puger Kulon dalam melakukan promo 12.12 Flash Sale sesuai dengan syarat dan rukunnya. 2) Pembelian promo 12.12 Gratis Ongkir di marketplace Shopee yang dilakukan masyarakat Puger Kulon tidak sepenuhnya terbayarkan, karena pihak Shopee memberikan aturan batas alamat pembeli, jika melebihi batas maka sisa pembayaran ditanggung pembeli. Promo Gratis Ongkir perspektif fiqih muamalah yang dilakukan masyarakat Puger Kulon adalah hadiah dan telah sesuai dengan syarat dan rukunnya. 3) Pembelian promo 12.12 Cashback di marketplace Shopee yang dilakukan masyarakat Puger Kulon pada koin Cashback memang tidak bisa diuangkan. Karena penggunaan koin Cashback terdapat syarat dan ketentuannya. Berdasarkan perspektif fiqih muamalah tidak mengandung unsur gharar karena koin Cashback telah memiliki kejelasan pemakaian dan pemerolehannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012710 al-Ijarah & al-Ju’alah (Sewa-menyewa & Kontrak Kerja)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012716 al-Hibah (Hadiah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email lutvimurtadho45@gmail.com
Date Deposited: 06 Jul 2023 01:54
Last Modified: 06 Jul 2023 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24949

Actions (login required)

View Item View Item