IMPLEMENTASI SISTEM JUST IN TIME (JIT) DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PERUSAHAAN PADA PT. LANGGENG MAKMUR UTAMA BANGSALSARI JEMBER

Qomariyah, Nur (2023) IMPLEMENTASI SISTEM JUST IN TIME (JIT) DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PERUSAHAAN PADA PT. LANGGENG MAKMUR UTAMA BANGSALSARI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Nur Qomariyah E20193060.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Just In Time, Produktivitas Perusahaan, PT. Langgeng Makmur Utama.

Just In Time merupakan sebuah model dimana perusahaan hanya memproduksi atas dasar permintaan tanpa memanfaatkan tersedianya persediaan dan tanpa menanggung biaya persediaan. Produksi tidak akan terjadi sebelum ada tanda dari proses selanjutnya yang menunjukkan permintaan produksi. Produktivitas merupakan kemampuan setiap individu, sistem, ataupun perusahaan untuk menghasilkan apa yang mereka inginkan dengan menggunakan sumber daya secara efektif dan efisien serta menghasilkan barang dan jasa setinggi mungkin.
Fokus penelitian dalam skripsi ini: 1) Bagaimana penerapan metode just in time pada PT. Langgeng Makmur Utama? 2) Bagaimana dampak penerapan metode just in time pada produktivitas perusahaan PT. Langgeng Makmur Utama?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui penerapan metode just in time pada PT. Langgeng Makmur Utama. 2) Untuk Mengetahui dampak penerapan metode just in time pada produktivitas perusahaan PT. Langgeng Makmur Utama.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian bersifat deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di PT. Langgeng Makmur Utama. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) manajemen PT. Langgeng Makmur Utama telah menerapkan metode just in time terbukti dengan menghilangkan sebagian kegiatan yang tidak menambah nilai yang dianggap sebagai pemborosan seperti over produksi, waktu menunggu, transportasi, pemprosesan, tingkat persediaan barang, pergerakan kerja dan barang cacat. 2) penerapan metode just in time pada PT. Langgeng Makmur Utama walau belum maksimal namun sudah mampu meningkatkan produktivitas perusahaannya terbukti dengan penghematan biaya, pengendalian biaya, peningkatan laba, persaingan harga, kinerja pengiriman yang baik dan meningkatkan kualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150303 Corporate Governance and Stakeholder Engagement
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs Nur Qomariyah
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:57
Last Modified: 04 Jul 2023 08:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24955

Actions (login required)

View Item View Item