Penerapan Metode Resitasi dan Simulasi pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V di SDN 5 Setail Banyuwangi

Aklisa Nova, Alfianti (2023) Penerapan Metode Resitasi dan Simulasi pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V di SDN 5 Setail Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aklisa Nova Alfianti.pdf

Download (4MB)

Abstract

Aklisa Nova Alfianti, 2023: Penerapan Metode Resitasi dan Simulasi pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN 5 Setail Banyuwangi

Kata Kunci: Metode Resitasi dan Simulasi, Pembelajaran Tematik

SDN 5 Setail Banyuwangi mengenai teknik atau metode yang digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik kelas V yaitu menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah), untuk pembelajaran tematik tentu tidak relevan dan juga cenderung menghasilkan verbalisme untuk pemahaman anak. Memilih dan menetapkan sebuah metode pembelajaran sama artinya dengan memilih dan menetapkan tujuan pembelajaran, sebab metode memiliki signifikasi fungsional yang kuat dan terarah dengan tujuan pembelajaran. Agar pelaksanaan pembelajaran tersebut menjadi pembelajaran yang menumbuhkan kegiatan berfikir aktif dan mandiri, adapun salah satu solusinya dengan menggunakan metode pembelajaran yang meliputi metode resitasi, simulasi dan optimalisasi media pembelajaran. Metode resitasi merupakan metode yang menugaskan kepada peserta didik untuk melakukan sesuatu dengan tujuan memperkuat, memperdalam dan memperkaya materi yang telah dipelajari. Sedangkan metode simulasi merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran kelompok.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tematik pada penerapan metode resitasi dan simulasi peserta didik kelas V di SDN 5 Setail Banyuwangi? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik pada penerapan metode resitasi dan simulasi peserta didik kelas V di SDN 5 Setail Banyuwangi? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tematik pada penerapan metode resitasi dan simulasi peserta didik kelas V di SDN 5 Setail Banyuwangi? setelah itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran tematik pada penerapan metode rsitasi dan simulasi peserta didik kelas V di SDN 5 Setail Banyuwangi.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus atau kerap disebut dalam bahasa inggris yaitu Case Study. Dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini, teknik triangulasi yang digunakan oleh peneliti adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada perencanaan pembelajaran tematik pada penerapan merode resitasi dan simulasi itu harus menyusun kalender pendidikan, membuat rincian pekan efektif, merencanakan program tahunan dan semester, menyusun silabus dan juga RPP. Setelah itu pada pelaksanaan pembelajaran tematik pada penerapan metode resitasi dan simulasi ini ada beberapa tahapan yang diantaranya yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan akhir atau penutup. Dalam evaluasi pembelajaran tematik pada penerapan metode resitasi dan simulasi ini guru menggunakan tiga ranah diantaranya yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Aklisa Nova Alfianti
Date Deposited: 05 Jul 2023 01:25
Last Modified: 05 Jul 2023 01:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24960

Actions (login required)

View Item View Item