STRATEGI GURU DALAM MEMANFATKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 5 JEMBER

Nabila, Qonita Ika (2023) STRATEGI GURU DALAM MEMANFATKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 5 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI QONITA BARU (1) sidang (1).pdf

Download (21MB)

Abstract

Strategi guru dan media ICT sangat dibutuhkan dan memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran, salah satunya dalam proses pembelajaran biologi yang dilakukan oleh siswa. Biologi dianggap sebagai suatu ilmu tentang seluk beluk makhluk hidup dan kehidupan. Jadi dapat disimpulkan bahwa biologi sebagai salah satu bidang ilmu pengetahuan yang menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains, dengan pembelajaran biologi diharapkan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan lingkungannya.
Adapun fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian ini. Dari latar belakang diatas maka didapatkan fokus penelitian: 1) Bagaimana strategi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis ICT pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 5 Jember? 2) Bagaimana pemanfaatan media ICT dalam menunjang pembelajaran biologi di SMA Negeri 5 Jember? 3) Apa saja factor pendukung dan penghambat dalam memanfaatkan media berbasis ICT pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 5 Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis ICT, pemanfaatan media ICT, dan factor pendukung dalam memanfaatkan media ICT pada mata pelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 5 Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam pengertian lain yaitu penelitian yang memberikan gambaran terhadap objek yang telah diperoleh secara mendalam. Objek penelitian ini adalah 40 siswa kelas X dan 5 guru yang dipilih sebagai informan secara purposive. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi, dan pedoman angket. Teknik pengumpulan data yang dipakai oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.
Penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis ICT kelas X di SMA Negeri 5 Jember dengan wakil kurikulum dan guru biologi sebagai subyek penelitian. secara keseluruhan tergolong sangat baik dengan presentase berada pada 83,33%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Qonita Ika Nabila
Date Deposited: 04 Jul 2023 09:05
Last Modified: 04 Jul 2023 09:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24968

Actions (login required)

View Item View Item