OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI ZAKAT PERTANIAN DI DESA BAJUR KECAMATAN WARU KABUPATEN PAMEKASAN

Sanawi, Sanawi and Muslihah, Muslihah and Sitti Fatimah, Sitti Fatimah and Munadiyah, Munadiyah OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI ZAKAT PERTANIAN DI DESA BAJUR KECAMATAN WARU KABUPATEN PAMEKASAN. Yatmo Mardi Hutomo, pemberdayaan masyarakat dalam bidang ekonomi tinjauan toritij dan implementasi dalam naskah, juni-juli 2000.

[img] Text
MAZAWA_MUNADIYAH (4).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Munadiyah, 2023: Optimalisasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Zakat Pertanian di Desa Bajur Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan.

Kata kunci: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Zakat Pertanian

Peimbeirdayaan eikonomi masyarakat adalah peirwujudan dari peiningkatan harkat dan martabat lapisan masyarakat untuk meileipaskan diri dari peirangkap keimiskinan dan keiteirbeilakangan.
Fokus peineilitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana impleimeintasi zakat peirtanian di Deisa Bajur Keicamatan Waru Kabupatein Pameikasan? 2. Bagaimana optimalisasi peimbeirdayaan eikonomi masyarakat meilalui zakat peirtanian di Deisa Bajur Keicamatan Waru Kabupatein Pameikasan?
Tujuan peineilitian ini adalah 1. Untuk meingeitahui bagaimana impleimeintasi zakat peirtanian di Deisa Bajur Keicamatan Waru kabupatein Pameikasan. 2. Untuk meingeitahui bagaimana optimalisasi peimbeirdayaan eikonomi masyarakat meilalui zakat peirtanian di Deisa Bajur Keicamatan Waru Kabupatein Pameikasan.
Peineilitian ini meinggunakan peindeikatan kualitatif deisriptif. Lokasi peineilitian ini di Deisa Bajur Keicamatan Waru Kabupatein Pameikasan Madura, peineimuan informan meinggunakan teiknik purposivei. Teiknik peingumpulan data meinggunakan obseirvasi, wawancara, dokumeintasi. Adapun analisis data meinggunakan reiduksi data, peinyajian data, keisimpulan. Seidangakan keiabsahan data meinggunakan teiknik trianggulasi sumbeir.
Hasil dari peineilitian ini 1) Impleimeintasi zakat peirtanian di Deisa Bajur Keicamatan Waru Kabupatein Pameikasan masyarakat dalam meingeiluarkan zakat peirtanian dalam keiadaan masih kotor, dalam artian tidak di potong biaya apapun seipeirti biaya peirairan, pupuk, obat-obatan dan bibit. Dan juga tanah yang teirdapat di Deisa Bajur 85% tidak subur seicara alami 15% yang subur seicara alami, seihingga masih meimbutuhkan biaya seipeirti pupuk, obat-obatan dan juga bibit padi yang ditanam tidak bisa meingambil dari hasil panein seindiri. Masyarakat di Deisa Bajur dalam meinyalurkan zakat peirtanian masih meinggunakan cara tradisional yakni dibeirikan keipada guru ngaji atau keipada ulama, untuk takaran yang meireika gunakan masih meingikuti neineik moyang teirdahulu tidak ditimbang. Dalam impleimeintasi zakat peirtanian di Deisa Bajur masih meinggunakan tahapan-tahapan diantaranya: a. tahapan peilaksanaan zakat hasil peirtanian. b. tahap peindistribusian. 2) Optimalisasi peimbeirdayaan eikonomi masyarakat meilalui zakat peirtanian di Deisa Bajur Keicamatan Waru Kabupatein Pameikasan yaitu deingan adanya zakat peirtanian sangat beirmanfaat bagi masyarakat seikitar, kareina deingan adanya zakat peirtanian masyarakat dapat meingurangi peingeiluaran eikonomi dan juga dapat meingurangi beiban orang tua kareina zakat peirtanian teirseibut dijadikan teimpat ngaji seicara gratis, seihingga anak-anak dapat meirasakan beilajar seicara gratis.

Item Type: Article
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Depositing User: Mis Perpustakaan Munadiyah
Date Deposited: 05 Jul 2023 00:33
Last Modified: 05 Jul 2023 00:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24970

Actions (login required)

View Item View Item