PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BIOLOGI BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 BONDOWOSO

Pratiwi, Dita Melani (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BIOLOGI BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Dita Melani Pratiwi_T20198078.pdf

Download (52MB)

Abstract

Instrumen penilaian merupakan perangkat yang digunakan untuk
melakukan penilaian. Penggunaan instrumen penilaian yang menarik dan praktis
dalam pembelajaran biologi untuk mempermudah siswa dalam proses penilaian
dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. salah satunya yaitu dengan
menggunakan instrumen penilaian biologi berbasis aplikasi Quizizzz yang dapat
memicu suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Oleh
karena itu, perlu adanya pengembangan instrumen penilaian biologi berbasis
aplikasi Quizizzz pada materi ekosistem untuk siswa kelas X di SMA Negeri 3
Bondowoso.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan
kevalidan instrumen penilaian biologi berbasis aplikasi Quizizzz pada materi
ekosistem untuk siswa kelas X di SMA Negeri 3 Bondowoso. 2) Untuk
mendeskripsikan respon siswa pada instrumen penilaian biologi berbasis aplikasi
Quizizzz pada materi ekosistem untuk siswa kelas X di SMA Negeri 3
Bondowoso. 3) Untuk mendeskripsikan keefektifan instrumen penilaian biologi
berbasis aplikasi Quizizzz pada materi ekosistem untuk siswa klas X di SMA
Negeri 3 Bondowoso.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan
model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analisis (Analyze), Desain
(Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan
Evaluasi (Evaluation). Adapun instrumen pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, tes, angket validasi, dan angket respon siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Validasi dari para ahli Berdasarkan
analisis data, hasil validasi dari ahli materi 95,7% dengan kriteria dan tingkat
kevalidan dinyatakan sangat valid, ahli evaluasi 83,5% dengan kriteria dan tingkat
kevalidan dinyatakan sangat valid, ahli media 90,6% dengan kriteria dan tingkat
kevalidan dinyatakan sangat valid, praktisi 90% dengan kriteria dan tingkat
kevalidan dinyatakan sangat valid. 2) Hasil analisis data uji respon siswa
dinyatakan sangat menarik dengan presentase 88% untuk kelas eksperimen, dan
88% untuk kelas kontrol. 3) Hasil analisis uji N-gain kelas eksperimen adalah
sebesar 0,33, nilai tersebut masuk dalam kategori sedang. Hasil analisis uji N-gain
kelas kontrol adalah sebesar 0,20, nilai tersebut masuk dalam kategori rendah.
Instrumen penilaian menggunakan aplikasi Quizizzz dinyatakan sangat valid,
sangat menarik, dan efektif, serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Data hasil uji normalitas pretest pada kelas eksperimen senilai 0,097, posttest
0,191 berdistribusi normal. Data hasil uji normalitas pretest pada kelas
eksperimen senilai 0,078, posttest 0,108 berdistribusi normal. Data hasil uji
homogenitas pretest 0,001 berdistribusi tidak homogen, hasil uji homogenitasposttest 0,029 bersistribusi tidak homogen. Data hasil uji Z-test pretest pada kelas
eksperimen 0,448 pada kelas kontrol 0,433 sehingga tidak ada perbedaan yang
signifikan. Data hasil uji Z-test posttest pada kelas eksperimen 0,167 pada kelas
kontrol 0,49 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060202 Community Ecology (excl. Invasive Species Ecology)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Dita Melani Pratiwi
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:17
Last Modified: 04 Jul 2023 06:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24979

Actions (login required)

View Item View Item