PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LINTAR PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MTs MIFTAHUL ULUM KLOMPANGAN JEMBER

Faradipa, Mita Apriliya (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LINTAR PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MTs MIFTAHUL ULUM KLOMPANGAN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Mita Apriliya Faradipa_T20197117.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peran matematika pada bidang pendidikan sangat penting, karena pelajaran
matematika diajarkan dimulai dari jenjang sekolah dasar untuk membekali siswa
dengan kemampuan berpikir logis, analitis, kritis, kreatif dan mampu bekerja
sama. Sehingga semakin tinggi jenjang pendidikan yang mereka tempuh
pengetahuan tentang matematika yang diketahui juga semakin berkembang.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui kevalidan media
pembelajaran lintar (lingkaran pintar) Pada materi lingkaran untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis pada siswa MTs kelas VIII. 2) untuk mengetahui
kepraktisan media pembelajaran lintar (lingkaran pintar) pada materi lingkaran
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa MTs kelas VIII. 3)
untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran lintar (lingkaran pintar) pada
materi lingkaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa MTs
kelas VIII.
Peneltian ini merupakan penelitian Research And Development (R & D)
dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima
tahapan. Tahapan yang dimaksud meliputi, Analysis, design, development,
implementation and evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, angket dan soal post-test. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII
MTs Mifhtaul Ulum Klompangan. Instrumen penelitian berupa angket validasi
untuk mengetahui kevalidan dari validator ahli materi, ahli soal dan ahli media.
Angket respon siswa digunakan untuk mengetahui data kepraktisan. Sedangkan
untuk mengetahui data keefektifan melalui post-test. Data yang diperoleh
dianalisis menggunakan perhitungan rata-rata dan presentase serta
menggolongkan hasil berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) kevalidan media
pembelajaran lintar (linkaran pintar) untuk meningkatkan berpikir kritis yang
didapat semua validator ahli, yaitu ahli materi, ahli soal dan ahli media. Adapun
rincian masing-masing skor yang diperoleh dari para ahli adalah ahli materi
medapatkan nilai rata-rata yaitu 3,09, ahli soal medapatkan nilai rata-rata yaitu
3,75 dan ahli media medapatkan nilai rata-rata yaitu 3,1. Maka rata-rata
presentase 3,31 dengan kriteria “ sangat valid”. 2) kepraktisan pada peneltian ini
terpenuhi karena media pembelajaran lintar (lingkaran pintar) pada materi
lingkaran mendapatkan nilai rata-rata 84,3% sehingga dapat disimpulkan
“Praktis”. 3) untuk keefektifan dilihat dari hasil post-test kelas eksperimen yaitu
mendapatkan nilai presentase 89,4% yang diperoleh dari ketuntasan belajar siswa
secara klasikal dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
lintar (lingkaran pintar) pada materi longkaran untuk meningkatkan berpikir kritis
pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Klompangan dikatakan “efektif”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010207 Theoretical and Applied Mechanics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Mita Apriliya Faradipa
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:21
Last Modified: 04 Jul 2023 06:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24981

Actions (login required)

View Item View Item