PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIME HATARAKU SAIBOU (CELLS AT WORK) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL PADA SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 WATES KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Bagus Hery Mahendrata, Bagus (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIME HATARAKU SAIBOU (CELLS AT WORK) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL PADA SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 WATES KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Hery SKRIPSI FINAL Revisi.pdf

Download (9MB)

Abstract

Biologi merupakan ilmu yang mempelajari makhluk hidup dan juga membahas tentang berbagai proses yang terjadi pada organisme hidup salah satunya adalah sistem pertahanan tubuh. Materi ini membutuhkan penggambaran yang jelas karena banyak membahas istilah-istilah, dan mekanisme yang kompleks. Hal ini menyebabkan siswa kurang berminat pada pelajaran tersebut, hal ini diperburuk dengan kurangnya guru dalam menggunakan media di kelas. Oleh karena itu dibutuhkan media yang tepat untuk memperjelas penggambaran materi tersebut. Salah satu media yang dapat dipakai adalah Anime, anime ini berjudul Hataraku Saibou (Cells at Work) yang jika di artikan ke Bahasa Indonesia berarti “Sel di Waktu Kerja”. Anime ini bercerita tentang aktivitas sel yang ada di dalam tubuh manusia.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan minat belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol setelah dibelajarkan menggunakan media Video Anime Hataraku Saibou (Cells At Work) Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Wates Kediri Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol setelah dibelajarkan menggunakan media Video Anime Hataraku Saibou (Cells At Work) Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Wates Kediri Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran Video Anime Hataraku Saibou (Cells At Work) pada materi struktur dan fungsi sel pada sistem pertahanan tubuh terhadap minat belajar siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Wates Kediri Tahun Pelajaran 2022/2023. 4) Mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran Video Anime Hataraku Saibou (Cells At Work) pada materi struktur dan fungsi sel pada sistem pertahanan tubuh terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Wates Kediri Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Quasi experimental design dengan bentuk penelitian nonequivalent group posttest only design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, terpilih kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner (angket). Analisis data yang digunakan adalah uji Mann-Whitney U dan uji Z.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) Skor rata-rata angket minat belajar siswa kelas eksperimen sebesar 64,22 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 51,06. 2) Nilai siswa setelah posttest pada kelas eksperimen sebesar 69,097 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 42,04. 3) Ada pengaruh yang signifikan pada penerapan media pembelajaran Anime Hataraku Saibou (Cells at Work) terhadap minat belajar siswa dengan nilai Asym. Sig 0,000 4)Ada pengaruh yang signifikan pada penerapan media pembelajaran Anime Hataraku Saibou (Cells At Work) terhadap hasil belajar siswa dengan nilai Sig 0,014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Sistem Imun, Anime
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: BAGUS HERY MAHENDRATA
Date Deposited: 04 Jul 2023 09:14
Last Modified: 04 Jul 2023 09:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24987

Actions (login required)

View Item View Item