Efektivitas Restrukturisasi Pembiayaan Mikro Pada Masa Pandemi Covid-19 di Bank Syariah Indonesia KCP Kencong

Muhammad, Nurul Huda (2023) Efektivitas Restrukturisasi Pembiayaan Mikro Pada Masa Pandemi Covid-19 di Bank Syariah Indonesia KCP Kencong. Undergraduate thesis, UIN KHAS Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD NURUL HUDA.pdf

Download (22MB)

Abstract

Muhammad Nurul Huda, 2023: Efektivitas Restrukturisasi Pembiayaan Mikro Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Bank Syariah Indonesia KCP Kencong.
Pandemi Covid-19 muncul di dunia pada penghujung tahun 2019 dan menyebar di Indonesia awal tahun 2020. Khususnya dibagian perbankan ataupun keuangan menimbulkan kekhawatiran masalah pada pembayaran pinjaman atau pembiayaan oleh suatu perusahaan dan UMKM yang mengalami penurunan kinerja di sisi permintaan (konsumsi) dan daya beli (penduduk). Tidak heran apabila pemerintah mengeluarkan kebijakan melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang relaksasi covid yang didalamnya terdapat restrukturisasi. Oleh karena itu BSI KCP Kencong memberikan restrukturisasi kepada nasabah yang pada intinya adalah untuk mengatasi pembiayaan bermasalah terhadap nasabah yang terdampak covid-19 saat ini.
Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan restrukturisasi pembiayaan mikro pada masa pandemi covid-19 di BSI KCP Kencong? 2) Bagaimana efektivitas pelaksanaan restrukturisasi pembiayaan mikro sebagai strategi mengatasi pembiayaan bermasalah pada masa pandemi covid-19 di Bank BSI KCP Kencong?
Tujuan Penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan restrukturisasi pembiayaan mikro selama masa pandemi covid-19 di BSI KCP Kencong. 2) Untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan restrukturisasi pembiayaan mikro sebagai strategi mengatasi pembiayaan bermasalah pada masa pandemi covid-19 di Bank BSI KCP Kencong.
Penelitian skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penentuan informan yang dilakukan menggunakan teknik Purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik dokumentasi.
Sehingga peneliti mendapatkan kesimpulan yaitu: 1) Pelaksanaan restrukturisasi pembiayaan mikro pada masa pandemi covid-19 sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedur dalam SPPB (Surat Penanganan Pembiayaan Bermasalah) yang dikeluarkan pihak BSI sebagai landasan dalam pelaksanaan restrukturisasi pembiayaan covid-19 di BSI KCP Kencong. 2) Pelaksanaan restrukturisasi pembiyaan mikro ini sangat efektif dilakukan untuk mengatasi pembiayaan bermasalah pada masa pandemi covid-19, karena BSI KCP Kencong bisa menjaga kualitas aset serta kualitas pembiayaan nasabah. Penilaian efektif atau tidaknya restrukturisasi pembiayaan mikro ini dilakukan dengan melihat RR (Repayment Rate).
Kata Kunci : Efektivitas, Restrukturisasi, Pembiayaan Bermasalah, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr MUHAMMAD NURUL HUDA
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:42
Last Modified: 05 Jul 2023 08:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24995

Actions (login required)

View Item View Item