Pengaruh Penggunaan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sukorambi

Zulfa, Indana (2023) Pengaruh Penggunaan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sukorambi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
INDANA ZULFA_T201910027.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar IPA siswa SMPN 1 Sukorambi khususnya materi sistem pernapasan manusia masih rendah. Karakteristik materi sistem pernapasan manusia bersifat abstrak dan konkret, sehingga perlu media yang dapat memudahkan siswa untuk memahami materi tersebut. Alat evaluasi yang digunakan hanya menggunakan kertas dan hal serupa juga dilakukan oleh guru mata pelajaran lain, sehingga siswa cenderung bosan, ngantuk dan kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran IPA di kelas yang akan berdampak pada hasil belajar siswa. Perlunya variasi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru, salah satunya yaitu dengan menggunakan media wordwall dalam pembelajaran IPA. Wordwall merupakan salah satu solusi untuk dijadikan media pembelajaran yang disenangi siswa.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) Apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media Wordwall dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media Wordwall? 2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia?. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media Wordwall dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media Wordwall 2) Untuk mengkaji pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar siswa dalam materi sistem pernapasan manusia.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu desain non equivalen control group design. Populasi yang digunakan yakni siswa kelas VIII SMPN 1 Sukorambi berjumlah 172 siswa dengan sampel sebanyak 57 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian dilakukan pada 14 Februari 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data yang digunakan dengan uji non parametrik yaitu uji Mann – whitney.
Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Hasil belajar siswa kelas eksperimen menggunakan wordwall mengalami peningkatan yang tinggi dari nilai rata-rata 43,25 menjadi 77,11 sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan wordwall mengalami peningkatan yang relatif kecil dari nilai rata-rata 42,45 menjadi 59,83. 2) Hasil belajar siswa di kelas ekperimen adalah 77,11 sedangkan di kelas kontrol 59,83. Dari hasil kedua sampel tersebut diperoleh selisih sebesar 17,28 serta diperoleh data hasil posttest kelas kontrol dan eksperimen sebesar Sig. 0,000 < 0,05. Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan wordwall terhadap hasil belajar siswa materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMPN 1 Sukorambi.
Kata Kunci: Wordwall, Hasil Belajar Siswa, Sistem Pernapasan Manusia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Indana Zulfa
Date Deposited: 04 Jul 2023 09:22
Last Modified: 04 Jul 2023 09:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24997

Actions (login required)

View Item View Item