Pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) materi sistem pernapasan manusia pada hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sukorambi

Khoiriyah, Nazilatul (2023) Pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) materi sistem pernapasan manusia pada hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sukorambi. Undergraduate thesis, Universitas kiai haji ahmad siddiq jember.

[img] Text
NAZILATUL KHOIRIYAH_T201910024.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yaitu jenis ilmu pengetahuan teoritis yang diperoleh dengan cara observasi, eksperimen, penyimpulan pembentukan toeri antara yang satu dengan yang lainnya yang dikenal dengan metode ilmiah. Faktanya penerapan pembelajaran IPA di sekolah masih kurang afektif, akibatnya aktivitas dan hasil belajar IPA peserta didik rendah, mengantisipasi permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengoptimalkan keterampilan psikomotorik dengan penyajian materi yang menarik, melibatkan peserta didik dalam pembelajaran sehingga peserta didik lebih aktif. Model pembelajaran yang diperlukan untuk mengedepankan aktivitas peserta didik, dimana pserta didik memperoleh pengalaman secara langsung dan menemukan sendiri permasalahan yang ada disekitarnya. Model pembelajaran yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut adalah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) peserta didik akan terlibat secara langsung selama proses pembelajaran, baik mental maupun fisik untuk mengoptimalkan kemampuan psikomotorik peserta didik.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia? Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model contextual teaching and learning (CTL) pada hasil belajar peserta didik materi sistem penrnapasan manusia.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kunatitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimen Design (desain eksperimen semu). Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah non equivalen kontrol group design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dan kelas VIII D sebagai kelompok kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes yakni pretest dan post-test
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kedua kelas dilihat dari nilai pretest dan post-test. Setelah dilakukan uji Mann-Whitney diperoleh 0,00 dengan nilai signifikan 0,05. Hal ini terjadi karena jika nilai Sig < 0,05, maka hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi sistem pernapasan manusia terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 sukorambi. Hal tersebut menunjukkan rata-rata hasil kemampuan kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata hasil kemampuan kelas kontrol.

Kata kunci: CTL, sistem pernapasan manusia, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mrs Nazilatul Khoiriyah
Date Deposited: 06 Jul 2023 00:26
Last Modified: 06 Jul 2023 00:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25015

Actions (login required)

View Item View Item