STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMKN 1 BONDOWOSO

HAKIM, LUQMANUL (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMKN 1 BONDOWOSO. Masters thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
LUQMANUL HAKIM_NIM 0849319030.pdf

Download (3MB)

Abstract

Luqmanul Hakim. 2023. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMKN 1 Bondowoso Pembimbing I: Dr. Fawaizul Umam, M.Ag. Pembimbing II: Sofkhatin Khumaida, M.Pd., M.Ed., Ph.D

Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Islam dan Karakter Religius

Masalah karakter menjadi masalah yang sangat penting bagi dunia pendidikan. Hal tersebut dikarenakan generasi muda tengah mengalami penurunan karakter. Hal ini bisa dilihat dari fenomena yang muncul saat ini yang cukup memprihatinkan, terutama bagi dunia pendidikan yang dianggap bertanggung jawab dalam membangun peradaban dan moralitas sebuah bangsa. Dunia pendidikan mendapatkan pekerjaan rumah yang menumpuk, berdasarkan realita yang ada banyaknya informasi media masa yang menampilkan generasi bangsa yang terlibat berbagai kenakalan remaja, kriminalitas, ketidak disiplinan yang dilakukan oleh sebagian public figure, terlebih lagi para elite pemerintahan yang perlahan tumbang dengan kasus ketidak jujurannya (korupsi) padahal mereka bukan berasal dari kalangan bodoh yang tidak berpendidikan justru mereka-mereka adalah para intelektual bangsa yang khilaf.

Fokus Penelitian: 1). Bagaimana konsep Guru PAI pembentukan karakter religius siswa di SMKN 1 Bondowoso?. 2) Bagaimana strategi Guru PAI pembentukan karakter religius siswa di SMKN 1 Bondowoso?. 3) Bagaimana implikasi dari pembentukan karakter religius siswa di SMKN 1 Bondowoso?

Metode Penelitian menggunakan pendekatan Kualitatif Jenis deskriptif, Penentuan subjek penelitian secara purposive. Sumber data menggunakan sumber data primer dan skunder. Teknik Pengumpulan data menggunakan Observasi , wawancara, dan Kajian Dokumentasi, Analisis data Menggunakan Kondensasi data (Data Condentation), Pemaparan Data (Data Display),penarikan dan Verivikasi Kesimpulan (Drawing and Verifying Conclution), Uji Keabsahan data dengan Menggunakan Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam strategi pembentukan karakter religius pada siswa di SMKN 1 Bondowoso guru memiliki strategi khusus dengan cara mengaplikasikan konsep yang sudah di buat dan memaksimalkan perannya sebagai pendidik, pengajar, pengembang kurikulum, pembaharu, model dan teladan dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke keseluruhan mata pelajaran, ke dalam kehidupan sehari-hari, ke dalam program sekolah, dan membangun kerjasama antar sekolah dengan orang tua siswa. Pada proses internalisasi penanaman nilai-nilai karakter pada siswa dengan cara mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Dari konsep yang matang dan strategi yang di rancang dan di laksanakan dengan baik, akan menghasilkan perubahan yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Luqmanul Hakim
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:12
Last Modified: 14 Jul 2023 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25020

Actions (login required)

View Item View Item